alexametrics

Pembebasan Lahan Tuntas, Exit Tol Patimura Siap Dibangun

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Exit Tol Patimura segera dibangun. Pemerintah Kota Salatiga telah memberikan uang ganti rugi pengadaan tanah bagi warga Kelurahan Bugel, Kecamatan Sidorejo, yang terdampak.

Kepala Badan Pertanahan Nasional (BPN) Salatiga, Sumarna menyampaikan terima kasih kepada warga Kelurahan Bugel yang tanahnya dilalui akses jalan Tol Pattimura. Sebab, telah mendukung proses pembangunan untuk kepentingan umum.

“Saya juga bangga terhadap bapak-ibu semua karena lancarnya proses, dan tidak membutuhkan dibentuknya tim Sembilan. Dari harga yang ditaksir appraisial sudah disepakati semua. Semoga kerelaan bapak-ibu semua menjadi amal dan manfaat bagi Kota Salatiga,” ujar Sumarma.

Penyerahan secara simbolis oleh Sekda Fakruroji kepada perwakilan pemilik tanah Ariyanto Halim, di Pendopo Pakuwon.

Baca juga:  Urban Farming di Trimulyo akan Dijadikan Destinasi Wisata

“Ini adalah hajat orang banyak, utamanya untuk menghidupkan Kota Salatiga. Saya beserta keluarga tidak ada masalah dengan pelepasan tanah kami,” ujar Ariyanto Halim yang tanahnya terkena 170 meter persegi.

Sementara itu Nurhayati warga Bugel juga mengaku rela. Tanah miliknya dibuat pengganti jalan kampung. “Tanah saya itu adalah halaman untuk parkir kendaraan dan untuk pemandangan, sekarang begitu keluar dari pintu rumah yang terlihat langsung jalan kampung karena saking dekatnya dengan rumah. Tapi kami tidak masalah, asal untuk kepentingan warga,” ujar guru SMPN 2 Beringin ini.

Uang ganti rugi langsung ditransfer melalui rekening Bank Jateng usai penandatanganan pelepasan hak. Hadir dalam kesempatan tersebut Kepala BPN Salatiga Sumarma, kepala Bappeda, Plt DPUPR, Kadinas Perkim, Asisten II, serta pemilik hak tanah sebanyak 17 bidang.

Baca juga:  Gondol Harta Senilai Rp 2,2 Miliar, Tujuh Perampok Dibekuk, Satu Buron

Sebagai informasi ganti rugi yang terkecil yang diserahkan sebesar Rp 2.921.678 dengan luasan tanah 3 m2 dan terbanyak sejumlah Rp 428.922.243 dengan luas tanah 178 m2.

Terpisah, Wali Kota Salatiga Yuliyanto menuturkan, pembangunan akan segera dilakukan. Mengenai pelebaran ruas jalan Patimura sebagai jalan masuk ke Kota Salatiga, Yuliyanto menyatakan belum diagendakan dalam waktu dekat. (sas/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya