alexametrics

Mahasiswa Harus Jadi Pelopor Pengembangan Sains

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Penulis buku Ayat-Ayat Semesta, Prof Agus Purwanto meminta mahasiswa baru Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga untuk jadi pelopor dalam pengembangan sains. Hal tersebut disampaikan dalam Kuliah Umum IAIN Salatiga tahun akademik 2020/2021 yang dilaksanakan secara virtual.

Prof Agus mengatakan bahwa di era revolusi industri 4.0 teknologi dan ilmu pengetahuan berkembang sangat cepat. Manusia selama berabad-abad terus mengembangakan pengetahuan dan teknologi.

“Sekarang ini banyak sekali hasil dari kemajuan peradaban yang dapat kita nikmati. Tetapi jika perkembangan dan kemajuan ini tidak diiringi dengan kemampuan manajemen yang baik akan terjadi krisis dan muncul berbagai persoalan,” terangnya.

Dicontohkan, dengan kemajuan teknologi dan ilmu pengetahuan, manusia dapat mengambil manfaat dari nuklir. Sebaliknya, jika pengetahuan tentang nuklir ini tidak dikelola dengan baik, bencana seperti bocornya reaktor nuklir akan mengancam kehidupan manusia dan makhluk hidup lainnya.

Baca juga:  Mendag dan Gubernur Cek Penerapan Prokes

Dosen Institut Teknologi Sepuluh November Surabaya itu menjelaskan, relasi integrasi antara sains dan agama bisa jadi salah satu keunggulan dan awal mula kepeloporan sains di PTKI (Perguruan Tinggi Keagamaan Islam).

“Di dalam Alquran banyak sekali ayat-ayat kauliyah mengenai alam dan seisinya. Itu jadi salah satu sumber pengetahuan. Nah, di sinilah civitas akademik PTKI, termasuk IAIN Salatiga berperan,” jelasnya.

Prof Agus juga mengajak mahasiswa baru IAIN Salatiga untuk menjadi pribadi yang produktif dan menghindari budaya konsumtif,

Rektor IAIN Salatiga Prof Zakiyuddin Baidhawy menyampaikan bahwa bersamaan dengan Hari Kesaktian Pancasila, mahasiswa baru di IAIN Salatiga mengadakan kuliah umum. Hal itu sangat penting mengingat semangat dalam Hari Kesaktian Pancasila adalah bagaimana mencapai kemerdekaan yang sejati. (sas/zal/bas)

Baca juga:  Pembangunan Jalan Usaha Tani Dianggarkan Rp 400 Juta

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya