alexametrics

Diskon PBB Gugah Kesadaran Wajib Pajak

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga –  Kebijakan diskon pajak bumi dan bangunan (PBB) sebesar 50 persen berhasil menggugah kesadaran wajib pajak. Terbukti pendapatan pajak selama masa diskon mencapai Rp 6 miliar. Pemasukkan bisa bertambah lagi, karena diskon masih berlaku hingga September, meski besaran diskon berbeda.

Langkah ini membantu mengurangi piutang PBB kota yang mencapai Rp 15 miliar.

“Juli kemarin, dana yang masuk dari wajib pajak sebesar Rp 6 miliar. Untuk itu saya ucapkan terimkasih kepada masyarakat yang memanfaatkan diskon PBB,” ujar Kepala Badan Keuangan Daerah (BKD) Kota Salatiga Adhi Isnanto.

Dijelaskan Adhi, program keringanan pembayaran PBB ini mengacu kebijakan dari pusat tentang pajak selama pandemi. Untuk itu BKD Salatiga menerapkan diskon PBB untuk bulan Juli besar 50 persen, Agustus 30 persen  dan September 10 persen.

Baca juga:  Geger! Warga Pulutan Salatiga Temukan Pria Gantung Diri di Kebun Belakang Masjid

Dikatakan Adhi, BKD Salatiga diminta KPK dan BPK untuk menyelesaikan piutang pajak. Sementara piutang terbesar di Kota Salatiga adalah dari PBB.” Piutang pajak PBB untuk Kota Salatiga kurang lebih Rp 15 miliar,” jelasnya.

Piutang tersebut, menurut Adhi, berasal dari tunggakan-tunggakan wajib pajak PBB tahun-tahun sebelumnya. Tepatnya setelah diserahkan kewenangannya kepada Pemkot Salatiga sejak 2014 silam. “BKD diserahi kewenangan dan juga tunggakan piutang,” tandasnya.

Sehingga agar wajib pajak tidak merasa terbebani, maka BKD memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk menyelesaikan piutang PBB-nya. “Ada kecenderungan, ketika menunggak PBB semakin lama karena semakin besar pada akhirnya tunggakan tidak dibayar,” imbuhnya. (sas/zal/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya