Imunisasi di Luar Ruangan, Modifikasi Stetoskop Mirip Tongsis

358
Siswa SD Sidorejo Lor 5 diperiksa sebelum mendapat imunisasi campak. (Dhinar Sasongko/Jawa Pos Radar Semarang)

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Belasan siswa kelas 1 SD Sidorejo Lor 5 mendapat imunisasi campak. Dengan era adaptasi baru, imunisasi dilaksanakan di luar ruangan. Uniknya, sebelum imunisasi, siswa diperiksa menggunakan stetoskop yang telah dimodifikasi menyerupai tongsis (tongkat eksis).

Setiap siswa datang bergiliran sesuai dengan waktu yang ditetapkan sekolah. Semua diantar keluarganya. Puskesmas Sidorejo Lor yang menangani menyediakan tiga meja pemeriksaan.

Siswa datang langsung menuju meja satu pemeriksaan kesehatan umum. Pemeriksaan dilakukan oleh dokter umum dengan menggunakan stetoskop ‘tongsis’.

Ujung alat yang menempel ke tubuh pasien diperpanjang. Sehingga pemeriksaan bisa dilakukan dengan jarak sekitar satu meter. Ujung stetoskop dipotong dan diganti dengan pipa antene. Semacam pipa berongga. Setelah itu langsung disuntik imunisasi. Siswa juga diberi vitamin.

Kepala Puskesmas Sidorejo Lor dr Nur Wahyuni melalui Nunung Setyowati menuturkan, pelaksanaan imunasi sesuai dengan protokol kesehatan. “Usai imunisasi, anak dikumpulkan sebentar untuk dipantau lagi kesehatannya. Setelah itu diperbolehkan pulang,” tutur Nunung.

Dalam bulan imunisasi campak ini, setiap hari Puskesmas Sidorejo Lor berkeliling ke sekolah dasar untuk melakukan imunisasi. Jika jumlah muridnya banyak, waktunya dibagi. (sas/zal/bas)