alexametrics

Tanaman Philo Biasanya Rp 50 Ribu, Kini Dibandrol Rp 250 Ribu

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Masa pandemi memunculkan berkah bagi petani tanaman hias. Harga aneka macam tanaman hias melonjak. Bisa mencapai lima kali lipat harga sebelumnya.

Seperti yang diungkapkan Jumi, 45, penjual tanaman hias di desa wisata Kopeng. Harga naik sebulan terakhir. Kemungkinannya disebabkan minimnya pasokan. “Karena banyak petani tanaman hias yang tidak mengurusi tanamannya karena pandemi,” jelasnya.

Sementara itu, permintaan masyarakat justru tinggi. Dicontohkan tanaman philo yang biasanya Rp 50 ribu, kini dibandrol Rp 250 ribu. Belum lagi tanaman hias lainnya seperti black kardinal dengan harga jual Rp 1,1 juta, keladi tentara Rp 250 ribu.

Jenis tanaman yang diminati antara lain aglonema dan jemani untuk varian tertentu. “Pasokan sangat terbatas. Petani berasal dari Bandung, Malang dan juga Tawangmangu,” imbuhnya.

Baca juga:  Penyaluran Bantuan lebih Selektif

Salah satu pembeli yang ditemui, Titik menuturkan bahwa dirinya sengaja datang untuk menambah koleksi tanamannya.

“Siapa tahu ada yang belum punya jadi bisa menambah koleksi. Beberapa jenis memang banyak yang harganya menjadi mahal,” jelas Titik yang memborong berbagai jenis aglonema. (sas/zal/bas)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya