alexametrics

Tak Bisa Jaga Jarak, Tahanan Was-Was

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Salatiga – Antisipasi penyebaran virus Covid-19, sepuluh tahanan Polres Salatiga menjalani rapid test pada Kamis (18/6/2020). Hal itu dilakukan mengingat para tahanan susah menjalankan protokol kesehatan jaga jarak.

Kapolres Salatiga AKBP Rahmad Hidayat menyampaikan, rapid test terhadap tahanan untuk mengetahui ada atau tidaknya tahanan yang terpapar Covid-19.

“Mudah-mudahan hasil semuanya non-reaktif. Apabila ada yang reaktif tahanan yang lain sangat rentan terpapar, walaupun tahanan sudah kita terapkan sesuai protokol kesehaan,” jelas AKBP Rahmad Hidayat.

Pelaksanaan rapid test terhadap tahanan dilakukan oleh petugas medis dari Dinas Kesehatan Kota Salatiga.

“Mengingat sel tahanan yang luasnya terbatas diisi oleh tahanan hingga puluhan orang, sehingga tidak bisa melaksanakan protokol kesehatan yakni menjaga jarak,” terang Iptu Mulyadi Paurkes Polres Salatiga yang ikut mendampingi tim medis.

Baca juga:  Server Gangguan, Pelayanan Disdukcapil Magelang Belum Pulih

“Apabila dari hasil rapid test terhadap tahanan ada kemungkinan reaktif juga sudah disiapkan ruang isolasi tersendiri. Selanjutnya dilaksanakan test swab guna memastikan terpapar Covid-19,” tambah Iptu Mulyadi.

Subagus Subali, salah seorang tahanan mengaku sangat senang dengan adanya rapid test terhadap tahanan. Selama ini mereka cukup was-was karena selain tidak kenal satu sama lain sebelumnya. Selain itu ruangan tahanan cukup terbatas sehingga mau tidak mau sering berdekatan. “Dan berharap semoga semuanya tidak ada yang kena korona, ungkapnya. (sas/zal/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya