IAIN Genjot Penerbitan Jurnal

291
RESMI DIBUKA: Pemotongan tumpeng menandai pembukaan rumah jurnal dan juga IJIMS school of Journal kemarin siang.(ISTIMEWA)
RESMI DIBUKA: Pemotongan tumpeng menandai pembukaan rumah jurnal dan juga IJIMS school of Journal kemarin siang.(ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA, – Rektor IAIN Prof Zakiyuddin menandaskan setiap dosen setidaknya membuat satu jurnal ilmiah. Dengan demikian, akan muncul ragam jurnal yang bermanfaat bagi banyak pihak. Disisi lain, jurnal IAIN Salatiga akan semakin dikenal.

“IAIN memiliki 17 jurnal. Ada yang sudah tercatat di Scopus dan Sinta,” tutur Zakiyuddin saat meresmikan pembukaan rumah jurnal dan juga IJIMS school of Journal kemarin siang.

Sinta atau Science and Technology Index adalah portal ilmiah daring yang dikelola oleh Kementerian Riset dan Pendidikan Tinggi (Ristekdikti) Republik Indonesia.

IJIMS merupakan salah satu jurnal milik IAIN Salatiga. Zakiyuddin merupakan editor in chief di jurnal tersebut. “Jika semua dosen membuat jurnal ilmiah. Tentu akan semakin marak jurnal yang ada,” imbuh Zakiyuddin.

Ia menambahkan, dengan adanya rumah jurnal di kampus harus dimanfaatkan sebaik baiknya. “Rumah jurnal jangan vakum. Jadikan komunitas bagi pengelola jurnal. Dan juga jadikan tempat untuk mereview karya sejawat yang akan dipublikasikan,” harap dia.

IAIN Salatiga saat ini banyak tamu yang datang untuk belajar jurnal. Banyak pula diundang diberbagai tempat. Dan juga banyak dikutip.
Ketua rumah jurnal Nur Malikhah meminta semua pihak mendukung keberadaan rumah jurnal dengan selalu membuat jurnal. “Kami juga membuat kelas pelatihan pengelolaan jurnal. Tahun ini akan dilakukan lima kali pelatihan dengan target 10-15 peserta setiap pelaksanaan,” tutur Malikhah. Pelatihan dibagi tiga tahap yakni pemula, mahir dan jurnal akademik. (sas/bas)





Tinggalkan Balasan