alexametrics

Tim Jihandak Periksa Tas Mencurigakan, Ternyata ..

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Suasana kebaktian di sebuah gereja mendadak berhenti. Hal itu terjadi setelah petugas keamanan melapor menemukan tas yang mencurigakan. Sontak laporan langsung direspon oleh kepolisian. Mulai dari yang berada di pos pengamanan sampai dengan tim reskrim hingga jihandak turun ke lapangan.

Setelah dilakukan pengecekan dengan metal detector, polisi kemudian memasang garis polisi. Tidak berapa lama kemudian, aparat unit K-9 turun dengan membawa satu ekor anjing pelacak untuk memastikannya. Setelah steril, tim jihandak Brimob melakukan pengamanan barang tersebut. Satu petugas Brimob memasang alat pemusnah dan pengurai bom.

Barang yang sudah diamankan itu kemudian dibawa pergi oleh tim Inafis Polres Salatiga. Sebelumnya mereka melakukan olah TKP.

Baca juga:  Selesai Operasi Ketupat Candi, 250 Polisi di Swab Antigen

Suasana ini merupakan simulasi penjinakan bom di gereja yang dilaksanakan aparat kepolisian Polres Salatiga dalam pengamanan Perayaan Tahun Baru di Kota Salatiga. Simulasi penjinakan dan peledakan bom ini dipimpin langsung Kapolres Salatiga AKBP Gatot Hendro Hartono di kompleks Pendapa Polres Salatiga. Gedung pendopo ini disimulasikan sebagai Gereja XY.

“Ini simulasi penanganan keamanan ancaman bom di Gereja XY dalam perayaan Natal dan Tahun Baru. Pelaksaaan simulasi berjalan dengan baik dan kami siap mengamankan perayaan malam tahun baru di Salatiga. Mari Salatiga ini bersama-sama dijaga dari ancaman apapun agar tetap kondusif dan damai,” tandas Gatot.

Dijelaskan dia, Polres Salatiga akan siaga dan menaruh perhatian serius kepada setiap gangguan keamanan yang terjadi selama pergantian tahun. Pihaknya bersama TNI juga akan melakukan patroli besar–besaran keliling kota untuk memastikan keamanan dan kenyamanan masyarakat. Termasuk menyasar kejahatan jalanan seperti copet dan jambret di dalam keramaian pergantian tahun. “Ratusan personeil akan kita siagakan,” terang Gatot. (sas/ton)

Baca juga:  Rais Aam PBNU KH Miftahul Achyar Dibawa ke RSI Jemursari Surabaya

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya