Kebut Program Pengentasan Kemiskinan

161
BAGI BINGKISAN: Warga saat mengambil bingkisan bahan kebutuhan pokok bagi duafa di empat Kecamatan se-Kota Salatiga kemarin. (ISTIMEWA)
BAGI BINGKISAN: Warga saat mengambil bingkisan bahan kebutuhan pokok bagi duafa di empat Kecamatan se-Kota Salatiga kemarin. (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris mengajak masyarakat di Kota Salatiga untuk membantu pembangunan di lingkungan masing-masing, supaya pembangunan di Salatiga bisa berjalan baik. Pada dasarnya, pembangunan tidak hanya dalam bentuk fisik, melainkan juga bagaimana membentuk sumber daya manusia yang tertib, cerdas dan sehat jasmani maupun rohani.

“Yang tidak kalah penting adalah doa restu Bapak dan Ibu semuanya untuk para pemimpin. Supaya bisa membangun Kota Salatiga dengan baik. Begitu pula semoga Bapak Ibu senantiasa sehat dan dimudahkan rezekinya oleh Tuhan Yang Maha Esa,” jelas Muh Haris, saat memberikan pengarahan dalam Sosialisasi Kegiatan Jaminan Sosial Keluarga dan Penyerahan Bingkisan Bahan Kebutuhan Pokok Bagi Duafa Tahun 2019, di empat Kecamatan se-Kota Salatiga kemarin.

Muh Haris menyebutkan, ada empat aspek yang mendukung pembangunan bisa berjalan dan berhasil dengan baik. Pertama, pembangunan yang dilandasi dengan ilmunya para cerdik pandai seperti tokoh agama dan tokoh masyarakat. Kedua, keberadaan pemimpin yang adil, dimana semua yang mendapat amanah sebagai pejabat dari tingkat atas hingga bawah bisa menjalankan kepemimpinannya dengan adil terhadap masyarakat, dan ikhlas melayani tanpa pamrih. Ketiga, dermawannya orang-orang yang berkecukupan rezeki.

Bingkisan yang berupa beras, gula pasir, minyak goreng, biskuit, dan susu, ditambah uang transport sebesar Rp 50.000 per orang yang diberikan kepada 800 duafa ini, kata Muh Haris, sebagai bagian dari wujud kepedulian dan kecintaan Wali Kota dan Wakil Wali Kota terhadap masyarakat. “Sebagai tondo tresno, berkenan Bapak dan Ibu bisa menerima, sekecil apapun mohon disyukuri supaya bisa bertambah pada penyerahan bingkisan tahun berikutnya,” tuturnya.

Sementara, Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kota Salatiga, Rochadi saat mendampingi Wakil Wali Kota dalam penyerahan bingkisan tersebut memaparkan, selama 2019 telah dibagikan sebanyak 2.150 paket bingkisan yang diserahkan kepada kaum duafa. Sebelumnya, paket bingkisan juga telah diserahkan pada bulan Mei tepatnya menjelang Lebaran.

“Tahun ini kami menyalurkan 2.150 paket bingkisan kepada kaum duafa di empat kecamatan, yang terbagi dalam dua tahap yakni pada bulan ramadan dan bulan Desember. Untuk bulan ini, diserahkan sebanyak 800 paket yang diharapkan bisa meringankan beban dan percepatan pengentasan kemiskinan di Kota Salatiga,” jelas Rochadi. (sas/bas)