Jateng Pilot Project Gerakan Indonesia Menabung

125
INDONESIA MENABUNG: Wali Kota Salatiga Yuliyanto meluncurkan Gerakan Indonesia Menabung Tingkat Kota Salatiga di Pendopo Pakuwon Pemkot Salatiga, Kamis (12/12). (ISTIMEWA)
INDONESIA MENABUNG: Wali Kota Salatiga Yuliyanto meluncurkan Gerakan Indonesia Menabung Tingkat Kota Salatiga di Pendopo Pakuwon Pemkot Salatiga, Kamis (12/12). (ISTIMEWA)

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Wali Kota Salatiga Yuliyanto meluncurkan Gerakan Indonesia Menabung Tingkat Kota Salatiga. Kegiatan yang ditandai dengan pemberian buku tabungan kepada 12 siswa SMP/MTs berprestasi ini dilaksanakan di Pendopo Pakuwon Pemkot Salatiga, Kamis (12/12).

Dalam sambutannya Wali Kota menjelaskan bahwa Provinsi Jawa Tengah terpilih sebagai pilot project Gerakan Indonesia Menabung. “Provinsi Jateng dinilai mempunyai potensi yang besar. Dengan adanya gerakan ini, Hari Senin ditetapkan sebagai hari menabung di kalangan pelajar tingkat SMP se-Jawa Tengah,” kata Wali Kota.

Wali Kota mengatakan bahwa dalam gerakan menabung terdapat nilai edukasi dan nilai ekonomi yang sangat bermanfaat bagi masyarakat Kota Salatiga. “Gerakan menabung yang dilakukan sejak dini akan memberikan banyak pelajaran kepada anak-anak kita. Diantaranya yakni mengajarkan untuk bertanggung jawab, belajar hidup hemat, belajar mengatur keuangan, belajar disiplin dan yang tidak kalah penting adalah belajar untuk menghargai nilai uang yang mereka dapatkan dari orang tuanya,” kata Yuliyanto.

Ia menjelaskan bahwa kegiatan menabung yang dilakukan secara masif ini mempunyai manfaat yang besar, khususnya untuk pergerakan ekonomi makro di Kota Salatiga. Karenanya Wali Kota mengajak semua pihak baik dari Dinas Pendidikan, Sekolah, Perbankan dan seluruh stakeholder terkait untuk bersama-sama berkomitmen menjalankan Gerakan Indonesia Menabung untuk membantu mendorong pertumbuhan ekonomi di Kota Salatiga.

Sementara itu dalam laporan penyelenggaraan yang dibacakan oleh Kepala Bagian Perekonomian Setda Kota Salatiga Rahadi Widya Prasetya disebutkan bahwa kegiatan tersebut didukung oleh setidaknya 20 lembaga keuangan/bank di Kota Salatiga.

Ia menyebutkan bahwa kegiatan tersebut dilaksanakan sebagai dukungan atas Gerakan Indonesia Menabung yang telah diatur dalam Peraturan Presiden Nomor 82 tahun 2016 tentang Strategi Nasional Keuangan Inklusi (SNKI) dan Keputusan Presiden RI Nomor 26 Tahun 2019 tentang Hari Indonesia Menabung. “Selain itu kegiatan ini juga bertujuan mendorong budaya menabung pada anak sekaligus meningkatkan akses masyarakat di dunia perbankan, khususnya di Kota Salatiga,” pungkasnya. (sas/bas)