Pembelajaran Interaktif Halau Kejenuhan

344
BAGI ILMU : Para guru SMK Negeri 1 Tengaran mengikuti pelatihan yang digelar FSM UKSW Salatiga. (IST)
BAGI ILMU : Para guru SMK Negeri 1 Tengaran mengikuti pelatihan yang digelar FSM UKSW Salatiga. (IST)

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Pelajaran Matematika yang cenderung kurang menarik dan abstrak membuat siswa kurang tertarik. Ini menjadi tantangan tersendiri untuk para guru agar dapat menyampaikan materi semenarik mungkin untuk siswanya. Tidak hanya itu, media pembelajaran yang cenderung kurang menarik menjadikan peserta didik mengalami kejenuhan belajar.

Berangkat dari situasi ini, para dosen program studi Matematika Fakultas Sains dan Matematika (FSM) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW) Salatiga mengadakan program pengabdian masyarakat “Pembelajaran Interaktif Berbasis Literasi Digital bagi Guru dan Siswa di SMK Negeri 1 Tengaran” belum lama ini.

Ketua Program studi Matematika FSM UKSW Hanna Arini Parhusip menjelaskan, kegiatan pengabdian masyarakat ini akan berlangsung selama satu bulan atau selama 32 jam. Kegiatan ini diikuti 110 guru SMK Negeri 1 Tengaran berupa pelatihan dan workshop. “Dalam pengabdian masyarakat kali ini, dosen, laboran dan juga dibantu sejumlah mahasiswa memberikan pelatihan dan workshop berbagai aplikasi seperti schoology dan geogebra ataupun media pembelajaran yang lain yang dapat membantu guru dan siswa agar proses pembelajaran berlangsung lebih menarik,” terang Hanna dalam acara yang juga dihadiri Dekan FSM UKSW Adi Setiawan.

Program pelatihan mencakup sosialisasi fungsi software dan cara menggunakannya, pembuatan akun, pengenalan fitur-fitur, cara pengoperasian, simulasi penggunaan, serta evaluasi penggunaan perangkat-perangkat tersebut. “Diharapkan metode pembelajaran ini dapat menjadi pilihan yang dapat menolong para peserta didik untuk membangun minat belajar, terutama Matematika,” imbuhnya. (sas/ton)