alexametrics

Humas Pantang Terbawa Isu Hoaks

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Pesatnya perkembangan teknologi informasi saat ini sangat berpengaruh pada gaya hidup masyarakat. Hal ini perlu disikapi oleh humas instansi pemerintah dengan beradaptasi terhadap perubahan tersebut, salah satunya adalah dengan melek dan aktif menyampaikan informasi kegiatan melelui teknologi informasi.

Hal tersebut disampaikan oleh Kepala Bagian Hubungan Masyarakat dan Protokol pada Sekretariat Daerah Kota Salatiga, Kusumo Aji, SH saat mewakili Wali Kota Salatiga membuka kegiatan Sosialisasi Badan Koordinasi Kehumasan (Bakohumas) dengan tema Transformasi Humas Pemerintah di Era Digital di Gedung Setda, Kamis (19/9).

“Di era digital ini, interaksi manusia secara langsung semakin menurun, manusia lebih banyak terhubung dengan gawai dan internet, sehingga munculah berbagai media sosial seperti Facebook, Twitter, Instagram dan lain sebagainya. Hal inilah yang harus disadari oleh seorang humas instansi pemerintah yang harus segera beradaptasi dengan perubahan tersebut, supaya informasi lebih cepat tersampaikan ke masyarakat,” jelas Kusumo Aji.

Baca juga:  Devi Noor Belajar dari Pengalaman

Ditambahkan pula bahwa humas instansi pemerintah diharapkan untuk melek teknologi informasi dan bermedia sosial untuk memberikan informasi yang akurat, akuntabel, transparan serta mampu menjawab kebutuhan masyarakat luas. “Apabila informasi dari pemerintah kurang tersampaikan, masyarakat mempunyai kecenderungan mencari informasi dari sumber lain yang lebih cepat dan mudah diakses,” paparnya.

Diharapkan pula bahwa humas instansi pemerintah diminta untuk meningkatkan kompetensi dunia digital, membangun jaringan, menulis konten dan selalu haus akan informasi terkini. Humas harus kreatif dan bisa berkomunikasi secara personal serta memahami tren global namun tidak mudah terbawa isu atau berita bohong (hoaks). “Pada akhirnya, humas instansi pemerintah diharapkan untuk dapat memperkuat branding Kota Salatiga dengan membangun kepercayaan dan reputasi pemerintah,” harapnya.

Baca juga:  Humas Saatnya Berpikir Visual dan Multiplatform

Selain Kabag Humas, narasumber kegiatan yang diikuti 80 pejabat kehumasan dari seluruh instansi pemerintah baik vertikal maupun horizontal tersebut adalah Kepala Seksi Pelayanan Data dan Informasi Diskominfo Prov Jateng, Mashuri, ST, MM, serta Dosen IAIN Salatiga, Dr. Rifqi Aulia Erlangga. (sas/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya