Spesialis Pembobol Toko Dibekuk

313
SPESIALIS: Tersangka pembobolan toko ketika dimintai keterangan di Mapolres Salatiga kemarin.(DINAR SASONGKO/RADARSEMARANG.ID)
SPESIALIS: Tersangka pembobolan toko ketika dimintai keterangan di Mapolres Salatiga kemarin.(DINAR SASONGKO/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Aksi pembobolan toko kembali terjadi di sebuah toko telepon genggam milik Rayon Buwono, 31 yang beralamat di Jl Nakula Sadewa Raya, Kel. Dukuh, Kecamatan Sidomukti, Salatiga. Polisi berhasil mengungkap pelakunya pencurian yakni Sug, 40.

Dari tangan pelaku, polisi menyita voucher, powerbank, kartu perdana, obeng serta uang tunai sisa hasil penjualan hasil curian. Berdasarkan keterangan yang dihimpun, pelaku membobol melalui kaca jendela belakang toko dengan menggunakan obeng.”Saya mencongkel jendela karena melihat jendela terbuka dan masuk. Sebenarnya mau cari HP tapi tidak ada,” jelas pelaku.

Sejumlah barang yang diambil, sebagian sudah terjual dengan hasil Rp 600 ribu. “Sebagian besar sudah dibelanjakan dan masih sisa Rp 200 ribu,” kata mantan sopir tersebut.

Ia mengaku pernah mencuri dua kali, pertama mencuri TV pada tahun 2000 dan ini merupakan aksi yang kedua kalinya. Ia mengatakan terpaksa mencuri untuk kebutuhan makan sehari-hari.

Kepala Polres Salatiga AKPB Gatot Hendro Hartono menghimbau kepada semua pengusaha untuk mengamankan dan melengkapi tempat usaha menggunakan tralis. “Apabila ada akses masuk atau keluar baik jendela maupun pintu silakan dilengkapi dengan tralis. Karena minimal pelaku tindakan pidana membutuhkan waktu untuk membuka akses ke dalam apabila kita lengkapi dengan tralis,” papar Kapolres. (sas/bas)