Kembalikan Predikat Salatiga

313
GUYUB: Wali Kota Yuliyanto saat menjadi pembicara dalam Pembinaan Organiasasi Kemasyarakatan yang digelar di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Rabu (21/8) Jaga Iklim Sejuk dan Toleran (DINAR SASONGKO/RADARSEMARANG.ID)
GUYUB: Wali Kota Yuliyanto saat menjadi pembicara dalam Pembinaan Organiasasi Kemasyarakatan yang digelar di Rumah Dinas Wali Kota Salatiga, Rabu (21/8) Jaga Iklim Sejuk dan Toleran (DINAR SASONGKO/RADARSEMARANG.ID)

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Organisasi masyarakat (ormas) yang ada di Kota Salatiga diajak untuk menjaga iklim sejuk dan semangat toleransi.

“Situasi dan kondisi di Kota Salatiga Alhamdulillah kondusif dan aman. Karenanya saya sampaikan terima kasih kepada semua pihak seperti kepolisian, TNI, tokoh masyarakat, tokoh pemuda dan juga masyarakat Kota Salatiga yang senantiasa menjaga iklim sejuk di Kota Salatiga. Karenanya saya mengajak seluruh ormas yang ada di Salatiga untuk menjaga hal tersebut,” ujar Wali Kota Yuliyanto.

Dalam kesempatan tersebut Yuliyanto menjelaskan bahwa Pemkot Salatiga sedang melaksanakan berbagai pembangunan fasilitas umum. Selain untuk mewujudkan kota yang liveable (nyaman ditinggali) dan lovable (menarik), pembangunan tersebut juga bertujuan untuk mengembalikan predikat Salatiga sebagai Kota Terindah di Jawa Tengah yang pernah diraih pada zaman kolonial dulu.

Di sisi lain, wali kota juga mengajak ormas untuk ikut menjaga hasil pembangunan di Kota Salatiga. “Menjaga hasil pembangunan itu lebih sulit daripada membangun. Saya mengajak seluruh masyarakat untuk ikut menjaga hasil pembangunan, untuk handarbeni (merasa memiliki) hasil pembangunan karena pembangunan tersebut bersumber dari uang kita semua,” kata Yuliyanto.

Senada dengan Wali Kota Salatiga, Kepala Badan Kesbangpol Kota Salatiga, Agung Nugroho menjelaskan bahwa kegiatan tersebut merupakan sarana komunikasi antara ormas dengan Wali Kota termasuk Forkopimda Kota Salatiga. “Selain itu, kegiatan ini juga merupakan sarana untuk bersama-sama menyikapi perkembangan situasi wilayah utamanya di luar Kota Salatiga, yang kemarin sempat ada insiden, supaya insiden tersebut tidak menyebar di Kota Salatiga,” kata Agung Nugroho.

Agung Nugroho mengatakan bahwa peserta kegiatan tersebut adalah 60 orang yang berasal dari 30 ormas di Kota Salatiga. Selain Walikota, pembicara dalam kegiatan tersebut adalah Kasdim 0714/Salatiga Mayor Kav Burhanuddin ST dan juga perwakilan dari Polres Salatiga. (sas/bas)