alexametrics

Puluhan Masjid Belum Bersertifikat

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – Sebanyak 24 masjid dari 193 masjid yang ada di Kota Salatiga ternyata belum memiliki sertifikat hak. Perlu pemahaman bersama mengenai tata cara wakaf sehingga kedepan tidak ada permasalahan sengketa mengenai lahan masjid. Intisari itu terangkum dalam acara pelantikan Pengurus Perwakilan Badan Wakaf Indonesia (BWI) Kota Salatiga, di Ruang Kaloka Gedung Setda, kemarin.

Ketua BWI Provinsi Jawa Tengah KH. Musman Tholib saat memberikan sambutan menuturkan dari data yang masuk ke BWI Jawa Tengah, dari 193 Masjid tercatat ada 24 masjid yang belum bersertifikat. KH Musman Tholib berpesan kepada pengurus untuk berhati-hati terkait masalah hukum wakaf.

“Wakaf adalah masalah umat, maka harus berhati-hati dalam melaksanakannya. Meski bapak-ibu bukan orang yang mewakafkan hartanya langsung, namun jika mengurusnya dengan benar hingga berkekuatan hukum, maka pahala akan mengalir kepada bapak–ibu seperti mengalirnya pahala kepada pewakaf,” imbuhnya.

Baca juga:  Rem Blong, Truk Ayam Terguling

Ia kemudian mencontohkan ada masjid kecil yang sudah punya hotel, koperasi, klinik, pom bensin. Maka bapak-ibu juga harus berpikir bagaimana wakaf bisa berkembang. Selain itu perubahan kegunaan wakaf harus sesuai dengan hukum, termasuk tukar guling. “Selama kami di BWI pada umumnya ganti rugi tol, tidak ada kerugian, artinya ganti rugi bisa dipakai untuk membeli lokasi lain yang lebih luas,” paparnya.

Sementara itu Wakil Wali Kota Salatiga Muh Haris berpesan agar para pengurus mengabdi semaksimal mungkin. “Jagan sampai orang tua sudah ikhlas untuk masjid, tapi karena tidak sempat membuat sertifikat wakaf, dikemudian hari anaknya yang butuh uang meminta masjid dibongkar karena tidak memiliki bukti hukum,” pesan Muh Haris. (sas/bas)

Baca juga:  Adopsi Kartu Tani, Raih Doktor

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya