alexametrics

Jaring Peneliti Perkembangan Islam

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, SALATIGA – IAIN Salatiga menjaring sebanyak mungkin peneliti dan pengamat seputar isu perkembangan Islam serta masyarakat muslim. Tidak hanya terjadi di Indonesia melainkan Asia Tenggara bahkan dunia.

Hal itu diungkapkan rektor IAIN Salatiga Prof. Zakiyuddin dalam International Conference on Islam and Muslim Societies (Iconis) 2019 yang diselenggarakan Program Pascasarjana Institut Agama Islam Negeri (IAIN) Salatiga, Selasa (6/8).

Iconis merupakan konferensi berskala internasional yang rutin digelar setiap tahun dengan mengangkat tema-tema khusus seputar wacana keislaman. Tahun ini, sebanyak 58 peneliti dari dalam dan luar negeri turut ambil bagian dalam Iconis.

Menurut Zakiyuddin acara ini terbuka untuk semua peneliti dari berbagai perguruan tinggi di dunia serta pengamat khususnya mengenai isu keislaman sekarang. Syaratnya, peserta harus mengirimkan karya ilmiah sesuai tema yang diangkat tahun ini yakni Civil Islam Indonesia: Moderat, Konservatif, dan Populis.

Baca juga:  Era Baru Mega Merger Bank Syariah

Ketua Panitia Iconis Pascasarjana IAIN Salatiga 2019, Noor Malihah menambahkan, sejak dibuka pendaftaran pada Maret lalu peneliti yang turut serta mengirimkan karya ilmiah berjumlah 149 orang. Kemudian dilakukan seleksi bersama pihak luar tersisa 79 naskah sesuai dengan tema yang diangkat. Sampai sekarang total 58 peserta lolos mengikuti Iconis 2019 dan telah melengkapi naskah sesuai ketetapan maksimal pada 21 Juni lalu. Sejauh ini peserta terbanyak berasal dari tiga negara yakni Indonesia, Malaysia, dan Singapura. (sas/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya