Grup Astra Resmikan Bank Wakaf Mikro Ketujuh

686
Grup Astra Resmikan Bank Wakaf Mikro Ketujuh

RDARSEMARANG.ID, SEMARANG- PT Astra International Tbk (Astra) bersama PT Federal International Finance (FIFGROUP), meresmikan Bank Wakaf Mikro (BWM) Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang. BWM di Rembang ini merupakan BWM ketujuh dari Grup Astra.

Deputy Chief of Corporate Affairs PT Astra International, Riza Deliansyah mengatakan dibentuknya BWM ini sejalan dengan peran perusahaan yang memberikan kontribusi untuk meningkatkan kualitas masyarakat Indonesia, melalui produk dan layanan karya anak bangsa, sumber daya manusia yang unggul serta kontribusi sosial yang terstruktur dan berkelanjutan bagi bangsa dan Negara.

“Astra memiliki komitmen untuk melakukan CSR yang ditekankan pada bidang pendidikan, kesehatan, lingkungan, dan pemberdayaan ekonomi masyarakat melalui program kewirausahaan,” katanya.

Khusus untuk Bank Wakaf Mikro di Pondok Pesantren Raudlatut Thalibin, Kabupaten Rembang ini, dukungan donaturnya berasal dari PT Astra International bersama FIFGROUP. BWM di Pesantren Raudlatut Thalibin Rembang hari ini, adalah BWM ketujuh yang mendapatkan dukungan dari Grup Astra. “Grup Astra telah mendukung pendirian Bank Wakaf Mikro ketujuh, rencana 10 BWM yang ditargetkan Astra Internasional dan anak perusahaan yang ada didalamnya,” tuturnya.

Direktur Human Capital, General Support & Corporate Communication FIFGROUP Sutjahja Nugroho, Adi Sepiarso menjelaskan jika BWM di kabupaten Rembang ini merupakan BWM ke-4 yang didukung oleh dana sosial syariah FIFGROUP yang bekerja sama dengan PT Astra International Tbk.

“Ada 3 BWM yang sudah dibentuk sebelumnya, diantaranya BWM di Sunan Gunung Jati Baálawy, Semarang. BWM merupakan lembaga keuangan mikro syariah yang didirikan atas izin OJK dan bertujuan menyediakan akses pembiayaan bagi masyarakat kecil,” tambahnya.

Melalui program BWM, lanjut dia, Astra Financial berharap bisa berkolaborasi dengan OJK dalam meningkatkan literasi dan inklusi keuangan. Diantaranya pengenalan terhadap Lembaga Jasa Keuangan, karakteristik, manfaat, biaya serta risiko keuangan. Dengan harapan dapat membawa perubahan positif pada perilaku keuangan masyarakat. (den/ap)