28 C
Semarang
Jumat, 24 Maret 2023

Proyek Pengendalian Banjir Rob Capai 27 Persen

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Proyek pengendali banjir rob di Sungai Loji-Banger, Kota Pekalongan terus berjalan, progresnya mencapai 27 persen. Saat ini dalam tahap pemancangan sheet pile di sepadan Sungai Loji sepanjang 7,5 kilometer. Pengerjaan dilakukan oleh Kementerian PUPR melalui Balai Besar Wilayah Sungai (BBWS) Pemali Juana.

Pantauan di lapangan, pemancangan sheet pile sudah mencapai sisi timur Jembatan Loji. Terpantau, sejumlah pekerja juga sedang memasang sheet pile di sisi utara sungai, wilayah Kampung Bugisan, Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Kota Pekalongan.

Baca juga:  Komisi C Dorong Pemkab Demak Kerja Sama dengan BBWS

“Pengerjaan paket satu ini mencapai kurang lebih 27 persen. Selain pemancangan sheet pile di Sungai Loji, juga membangun kolam tambat labuh di dekat Kali Mati,” terang Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai 2 BBWS Pemali Juana, Dani Prasetyo Rabu (23/8).

Pengerjaan paket satu ini juga meliputi pembuatan kolam retensi di sebelah barat, serta pembangunan bendung gerak di Sungai Loji. Secara teknis Dani menjelaskan, tinggi parapet dan sheet pile hampir sama dengan yang ada di daerah Krapyak.

Baca juga:  Rawa Pening akan Dibagi Empat Zona Pengembangan

Pihaknya menargetkan pemasangan sheet pile selesai tahun ini. Dani mengakui masih ada beberapa kendala di lapangan, utamanya terkait pembebasan lahan.  Namun pihaknya tetap optimistis rampung sesuai target.

“Pemancangan masih ada beberapa kendala di sisi barat. Kami masih menunggu dari Pemkot Pekalongan untuk penyelesaian pembebasan lahannya,” ungkap Dani.

Setelah pemancangan sheet pile rampung, lanjut Dani, pekerjaan akan difokuskan ke pembangunan bendung gerak di Sungai Loji. Pengerjaannya setelah kolam tambat labuh selesai. Kapal-kapal yang masih berada di alur Sungai Loji, nantinya akan dipindahkan ke kolam tambat labuh.

Baca juga:  Terkendala Pembebasan Lahan, Normalisasi Sungai Beringin Molor

“Setelah kapal dipindahkan, nanti akan kita mulai pengerjaan bendungnya,” pungkas Dani. (han/zal)


Baca artikel dan berita terbaru di Google News


Artikel Terkait

Sementara Itu ..

Terbaru

Populer

Menarik

Lainnya