Info Kurang Update, Kominfo Latih Admin Web OPD

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pengelolaan website di beberapa Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemkot Pekalongan, selama ini dirasa kurang maksimal. Informasi yang diberikan kurang update. Sebagai upaya meningkatkan sumber daya manusia (SDM), Dinas Komunikasi dan Informatika (Dinkominfo) menggelar pelatihan bagi pengelola laman website dan jaringan. Diharapkan skill meningkat dan bisa mengatasi secara mandiri dengan cepat jika terjadi kendala.

“Kami berharap, agar admin subdomain website OPD  memiliki keahlian dan kemampuan dalam mengelola situs website-nya secara menarik, berkualitas, kreatif, dan inovatif,” harap Kepala Diskominfo Kota Pekalongan, Arif Karyadi, di ruang Informatics Learning Centre (ILC) Selasa (9/8).

Menurut Arif, selama ini penyampaian konten atau informasi kegiatan kurang update. Sehingga menimbulkan keprihatinan Diskominfo. Selain itu, jika ada kendala atau masalah, belum bisa mandiri, masih bergantung pihak lain.

Baca juga:  Jual Petasan Berakhir di Bui

Arif berharap, usai pelatihan ini, admin website masing-masing OPD dapat mengelola konten subdomain OPD-nya secara mandiri. Baik untuk publikasi kegiatan, info layanan, dan kegiatan pelayanan yang ada di OPD masing-masing.

Kepala Bidang Infrastruktur dan Statistik pada Dinkominfo Kota Pekalongan, Ani Kusumaningrum menambahkan, pelatihan dilaksanakan selama tiga hari. Selasa-Kamis (9-11) Agustus 2022. Pesertanya para admin pengelola website atau pengelola IT OPD. Hari pertama diikuti sekitar 25 orang admin OPD. Hari kedua menyasar admin website kelurahan. Sedangkan hari terakhir diikuti admin website puskesmas.

“Mereka kami bekali bagaimana cara membuat konten yang baik, bisa lebih memahami jika terjadi kendala seperti jaringan yang rusak,” tandasnya.

Salah satu narasumber, Ribut Achwandi, menjelaskan, pihaknya mendorong agar para SDM admin pengelola website ini mampu membuat pengelolaan konten website di lingkungan OPD Pemkot Pekalongan secara optimal. Pengelolaan website milik OPD selama ini terkadang kurang aktif. Baik menginput, maupun mengupdate informasi kegiatan-kegiatan maupun program kerjanya.

Baca juga:  Polisi Cegat Warga Tak Bermasker

“Mayoritas para admin ini masih kesulitan membuat tulisan pada bagian paragraf pembuka. Namun, hal ini akan bisa diantisipasi,” seru Dosen Universitas Pekalongan ini. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya