alexametrics

153 Jalan Pemukiman Jadi Prioritas Perbaikan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pembenahan infrastruktur jalan masih menjadi fokus perhatian Pemerintah Kota Pekalongan. Tidak hanya jalan umum, tapi juga kawasan perumahan yang selama ini menjadi langganan banjir rob. Tahun ini ada 153 ruas jalan permukiman yang masuk prioritas.

Dinas Perumahan dan Kawasan Permukiman (Dinperkim) Kota Pekalongan tahun ini telah menganggarkan Rp18,4 miliar untuk peningkatan ratusan ruas jalan yang tersebar di 27 kelurahan tersebut.

“Jalan permukiman yang sering tergenang banjir dan sering dilalui kendaraan berat membuat kualitasnya turun dan cepat rusak,” terang Kepala Dinperkim Kota Pekalongan, Andrianto.

Andri menyampaikan, peningkatan kualitas jalan permukiman ini sebenarnya sudah dimulai sejak April 2022. Dari 152 paket pengerjaan baru 98 ruas jalan yang sudah keluar SPK-nya. Dari sekian paket, ada 25 titik masih dalam pengadaan barang dan jasa. Masing-masing ruas jalan nominalnya berbeda sesuai tingkat kerusakan.

Baca juga:  Rayakan HBA Dengan Ceria

“Total keseluruhan pengerjaan jalan sudah dilakukan 46 persen. Kami targetkan seluruh paket selesai Oktober,” jelasnya

Sementara itu, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (DPUPR) Kota Pekalongan melalui kepala bidang Bina Marga, Kukuh Adi menjelaskan, untuk perbaikan jalan Karya Bakti menggunakan metode cor beton dan aspal. Mengingat kondisi tanah di sana labil.

Peninggian jalan rata-rata 30 sentimeter, dengan total panjang 839 meter, dan lebar jalan 5 meter. Perbaikan jalan dengan metode cor beton dimulai dari sisi selatan masjid Al-Muttaqin, Kelurahan Medono sepanjang 646 meter. Sedangkan pengaspalan mulai dari sisi timur grand keisha resto sepanjang 193 meter. “Sementara jalan ini kami tutup untuk beberapa waktu ke depan,” terangnya. (han/zal)

Baca juga:  Cegah Stunting, Kampanyekan Pemberian Makanan B2SA

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya