alexametrics

Pastikan Limbah Terkendali, Tambah IPAL Komunal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemkot Pekalongan berupaya mengendalikan limbah agar sesuai baku mutu. Salah satunya dengan menambah Instalasi Pengolahan Air Limbah (IPAL) komunal. Pengecekan limbah juga dilakukan secara berkala.

Di Kota Batik sendiri saat ini ada empat IPAL komunal. Kapasitas IPAL Banyurip 250 meter kubik per hari, IPAL Jenggot 400 meter kubik per hari, IPAL Kauman 200 meter kubik per hari, dan IPAL Pringlangu 70 meter kubik per hari.

Setiap bulan Dinas Lingkungan Hidup (DLH) melaksanakan uji laboratorium.  Beberapa parameter yang dicek dan dikendalikan di antaranya oksigen atau nutrisi. Sehingga air limbah yang dikelola IPAL bisa sesuai baku mutu.

“Kami berusaha agar IPAL Komunal terus berfungsi, dan kami rutin melakukan uji laboratorium pada limbah yang ada pada IPAL-IPAL tersebut,” tegas Kepala DLH Kota Pekalongan melalui petugas Pengendali Dampak Lingkungan Muda, Hadi Riskiyanto Selasa (5/7).

Baca juga:  Penanganan Banjir Tetap Harus Terapkan Prokes

“Harapannya ke depan akan ada penambahan IPAL komunal sehingga setiap tahunnya akan semakin banyak limbah yang dikelola DLH melalui IPAL,” tandasnya. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya