alexametrics

Bangkit Menuju Masa Normal

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Peringatan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) ke-114 kali ini, menjadi momen tepat untuk bangkit menuju masa normal. Mengingat selama ini aktivitas terkendala pembatasan sehingga memengaruhi banyak sektor.

Berbagai kebijakan pembatasan kini mulai dilonggarkan. Bahkan Presiden Jokowi mengizinkan masyarakat beraktivitas tanpa masker, kecuali yang sakit batuk dan lainnya. Kondisi ini diharapkan bisa membangkitkan perekonomian.

“Penanganan Covid-19 yang selama ini sukses, memengaruhi aktivitas masyarakat menuju normal,” kata Kapolres Pekalongan Kota AKBP Wahyu Rohadi, di sela menjadi Inspektur upacara peringatan Harkitnas di halaman kantor setda, Jumat (20/5).

Kehidupan normal akan mendorong pemulihan perekonomian nasional lebih cepat. Terbukti pertumbuhan perekonomian Indonesia sejak triwulan pertama tahun 2021 hingga triwulan pertama tahun 2022 meningkat 5.01 persen. Hal ini terjadi di seluruh sektor usaha kecuali administrasi, pemerintahan, dan jasa pendidikan.

Baca juga:  Pangkas Gunung Sampah TPA Degayu dengan Incinerator

Ia mengatakan, pada momen peringatan Harkitnas ini, masyarakat patut memaknai sebagai upaya bangsa untuk memperkuat persatuan. Terlihat dari sisi penanganan Covid-19 yang telah menunjukan hasil positif.

Berdasarkan data per 13 Mei 2022, kasus baru Covid-19 di bawah 400 kasus. Total aktif berada di angka 5.000 kasus. Sedangkan capaian vaksin dosis kedua di angka 79.5 persen.

“Saat ini pertumbuhan ekonomi semakin membaik, namun kita masih harus waspada dan tetap disiplin protokol kesehatan,” tegasnya.
Kapolres juga berharap pemkot dan masyarakat menguatkan sinergitas untuk menjaga, mempertahankan, meningkatkan pemulihan ekonomi, khususnya di Kota Pekalongan.

Sementara itu, pada upacara tersebut juga dihadiri perwakilan aparatur sipil negara (ASN) lingkungan pemkot, TNI-Polri, serta pelajar. (han/zal)

Baca juga:  Pemkot Pekalongan Bangun Tanggul Darurat Sungai Bremi

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya