alexametrics

Viralkan Pembuang Sampah Sembarangan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemandangan tak sedap terlihat di wilayah Banyurip, Kecamatan Pekalongan Selatan. Sampah menumpuk di pinggir jalan. Tepatnya di depan gang 4 Banyurip. Kondisi tersebut menjadi cermin warga yang tidak peduli dengan lingkungan sekitar.

Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid sepakat, pembuang sampah sembarangan diviralkan. Itu akan menjadi sanksi sosial. Pelaku akan malu dan diharapkan bisa sadar kebersihan lingkungan.

Seorang pedagang sekitar Muhammad,35, sering menegur pembuang sampah sembarangan. Ia pun prihatin dengan masyarakat yang masih abai dengan kebersihan lingkungan. “Saya sudah mengingatkan, tapi emak-emak bandel tetap santai membuang sampahnya,” ujar pedagang es kelapa muda di depan tumpukan sampah tersebut Kamis (12/5).

Baca juga:  Rob di Wilayah Kota Pekalongan Masih Tinggi, 175 Warga Mengungsi

Diceritakannya, biasanya emak-emak membuang sampah usai subuh sampai pukul 06.00 WIB. Hal itu terjadi berulang hingga berbulan-bulan. Akhirnya warga kesal dan membuat video warga yang buang sampah sembarangan.

“Sebenarnya, mereka itu punya perasaan atau tidak? buang sampah di depan jualan minuman es degan persis, dekat warung makan, beberapa kali diingatkan tetap ngeyel,” ucapnya kesal.

Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid mendukung upaya sanksi sosial dengan memviralkan video pembuang sampah sembarangan. Itu bisa menjadi pembelajaran. “Saya setuju, ayo viralkan biar masyarakat kapok,” tegas wali kota.

Bahkan kata Aaf-sapaan akrabnya- berkali-kali  mengatakan, masalah sampah di Kota Pekalongan butuh kesadaran bersama. “Sebesar apa pun anggaran untuk pengelolaan sampah, sebaik apa pun programnya, kalau tidak mendapatkan dukungan dari masyarakat, kita tidak akan maksimal dan berarti,” tandasnya.

Baca juga:  Jalan Desa Kebonrowopucang Diaspal 790 Meter

Menurutnya, masih ada masyarakat yang belum sadar akan masalah sampah. Namun, justru banyak yang menyalahkan pemerintah. “Kita lihat sendiri, masih banyak masyarakat yang menyalahkan pemerintah, tetap menyalahkan petugas penyapu jalan, tetap menyalahkan petugas pengangkut sampah,” ujarnya.

Terpisah, Camat Pekalongan Selatan Rusmani Budihardjo telah menurunkan Kasi Trantib Kecamatan Pekalongan Selatan untuk memonitoring dan mengimbau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Hari ini di lokasi sudah bersih tanpa sampah, petugas akan memonitoring terus dan memberikan edukasi kepada warga yang membuang sampah sembarangan,” tandas Rusmani. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya