alexametrics

Pelototi 15 Titik Jalur melalui 35 CCTV

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Jalur dalam Kota Pekalongan terpantau ramai lancar. Sementara jalur pantura terpantau cukup lengang.
Kondisi tersebut terpantau melalui 35 CCTV yang terpasang di 15 titik. Rinciannya enam titik di jalur kota, sembilan titik di jalur pantura. Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekalongan sendiri telah menggunakan Sistem kendali lalu lintas kendaraan atau Area Traffic Control System (ATCS) untuk memantau dan mengurai kepadan arus lalin di titik rawan.

“Adanya CCTV ini, kami mudah memantau, jika ada masalah bisa langsung terlihat dan segera diatasi,” jelas petugas ATCS Terminal Pekalongan, Wahyu Pambudi Jumat (6/5).

Sejumlah titik yang terpantau melalui ATCS di antaranya Kawasan Simpang Terminal, Jalan Ahmad Yani, Posis Grogolan, Ponolawen, Stasiun Pekalongan, dan Pusri Tirto. Jalur tersebut cukup padat dilewati pemudik.

Baca juga:  Dishub Cek Angkutan Umum dan Sopir, Pastikan Semua Angkutan Umum Layak Jalan

Dishub menyiagakan 12 orang petugas jaga untuk memantau pemudik. Mereka terbagi dalam tiga shift. Masing-masing shift dua orang petugas.

“Mereka yang mempelototi seluruh CCTV selama 24 jam. Jika terjadi permasalahan, akan langsung melaporkan ke petugas di lapangan,” tandasnya.

Tak hanya itu, melalui ruang ATCS, petugas juga bisa mengendalikan traffic light di sejumlah persimpangan. Hal ini untuk mengurai kemacetan.

“Bisa dipercepat atau diperlama, menyesuaikan dengan jumlah arus,” imbuhnya. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya