alexametrics

Kota Pekalongan Tuan Rumah Kemah Bakti X

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Kota Pekalongan ditunjuk menjadi tuan rumah Perkemahan Wirakarya Daerah (PWD) X dan Kemah Bakti Gugus Depan Perguruan Tinggi (KBGP) Kwarda Jawa Tengah Tahun 2022. Untuk persiapan, Bunda Pramuka bersama jajaran menggelar rapat koordinasi Kamis sore (28/4).

Bunda Pramuka Kota Pekalongan, Inggit Soraya mengaku senang mendapat kepercayaan langsung dari ketua Kwarda (Kwartir Daerah) Jawa Tengah, Siti Atikoh untuk menjadi tuan rumah dalam kegiatan ini. Menurutnya ini merupakan yang pertama Kota Pekalongan ditunjuk sebagai tuan rumah.

“Ini merupakan suatu kehormatan, kita harus siapkan dengan baik dan maksimal,” ujar Inggit.

Kegiatan akan digelar selama lima hari pada 29 Juni hingga 3 Juli 2022. Kegiatan ini diharapkan mendapat perhatian dan mampu memberikan daya tarik tersendiri untuk warga Kota Pekalongan terhadap organisasi dan kegiatan pramuka.

Baca juga:  Pesisir Kota Pekalongan Terendam, Puluhan Warga Mengungsi

Menurutnya, peminat kepramukaan di Kota Pekalongan masih kurang. Melalui kegiatan tersebut, diharapkan tuan rumah dapat mendapatkan efek dan euphoria. Sehingga siswa sekolah banyak yang berminat dengan pramuka.

Sementara itu, Dewan Kerja Cabang Kota Pekalongan Sri Rohimatun menjelaskan, perkemahan bakti kali ini terdiri dari tiga kegiatan. Yakni Bakti Rumah, dengan membedah delapan rumah tidak layak huni di sekitar Kecamatan Pekalongan Utara dan Pekalongan Barat. Kemudian kegiatan Bersih Sungai, menyasar sungai di sekitar Lapangan Peturen Tirto. Bakti selanjutnya pembuatan tempat sampah permanen, sasarannya di wilayah Kecamatan Pekalongan Selatan dan Pekalongan Timur.

Ada juga kegiatan non-fisik, di antaranya penyuluhan tanggap bencana dengan sasaran anak-anak kecil, kegiatan wirausaha dengan mengangkat kearifan lokal Wonderful of Batik, serta kegiatan wisata dengan mengunjungi tiga tempat, Wisata Pasir Kencana, Museum Batik, dan Pantai Slamaran.

Baca juga:  Sidak Sekolah Cek PTM 50 Persen

Sri Rohimatun menambahkan, peserta yang mengikuti kegiatan ini berasal dari eks-Karesidenan Pekalongan. Meliputi Kabupaten dan Kota Pekalongan dan Tegal, Kabupaten Brebes, Pemalang, Batang, serta eks-Karesidenan Banyumas meliputi Kabupaten Banyumas, Cilacap, Purbalingga dan Banjarnegara. Pelaksanaan Perkemahan Wirakarya Daerah X dan Kemah Bakti Gugus Depan Perguruan Tinggi akan terpusat di Lapangan Peturen Tirto. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya