alexametrics

Pemkot Pekalongan Siapkan Tiga Jalur Alternatif Pemudik

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemkot Pekalongan menyiapkan tiga jalur alternatif bagi pemudik dan dua alternatif saat arus balik. Selain itu, personel akan diterjunkan di titik-titik rawan kemacetan dan memperbanyak rambu-rambu penunjuk arah.

Kepala Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Pekalongan, Slamet Prihantono mengungkapkan, pihaknya bersama jajaran Satlantas, Satpol PP, PT KAI, PMI, dan instansi terkait telah menggelar rakor Forum Lalu Lintas dan Angkutan Jalan (FLLAJ) untuk menghadapi pengamanan Lebaran 2022.

“Petugas gabungan akan melakukan pengamanan mulai 26 April hingga 9 Mei 2022,” jelasnya Selasa (20/4).

Beberapa kebijakan disepakati dalam rakor. Seperti menentukan jalur alternatif untuk mengurai kepadatan arus lain di jalur perkotaan. Pemudik nantinya akan diarahkan ke Jalan Gajah Mada ketika jalur utama terjadi kepadatan. Dari Gajah Mada, pengendara akan diarahkan ke Jalan Imam Bonjol, belok kanan Jalan Salak, Jalan Manggis, Jalan Bandung dibuka dua arah hingga wilayah Setono Jalan Ki Mangun Sarkoro, dan belakang Terminal Pekalongan.

Baca juga:  Pemkot Pekalongan Optimalkan SDM, Industri Batik, dan Wisata

Alternatif kedua, akan buka mulai depan Stasiun Pekalongan yakni Jalan Bahagia, Jalan Perintis Kemerdekaan, Jalan Kemakmuran hingga tembus juga ke Jalan Ki Mangun Sarkoro.

“Kemudian alternatif ketiga, kalau jalur Pantura khususnya Jalan Jenderal Soedirman dan Posis sudah mulai padat, kami akan membuka Jalan Dr Cipto yang diarahkan ke Jalan Agus Salim hingga menyambung kembali ke Jalan Ki Mangunsarkoro, Setono,” terangnya. (selengkapnya lihat grafis).

Selain itu, tim juga akan menyiapkan rest area di sejumlah titik. Di antaranya Terminal Pekalongan. Sementara arus balik rest area dibuka di  Eks Kantor Brimob Batalyon B Pelopor. Namun masih kurang beberapa fasilitas, seperti MCK, musala, tenaga medis, tempat istirahat, pengisian bahan bakar, dan relaksasi. “Nanti akan kami koordinasikan lebih lanjut agar bisa dilengkapi,” ucapnya.

Baca juga:  Jual Petasan Berakhir di Bui

Sementara itu, Kasatlantas Polres Pekalongan Kota, AKP Aliet Alphard mengimbau kepada para pemudik, untuk tetap berhati-hati dan patuhi rambu-rambu lalu lintas serta memperhatikan selama perjalanannya. Tak kalah penting pastikan kendaraan dalam kondisi baik. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya