alexametrics

Tiga Hari Tertibkan PKL dan Parkir Liar

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Pedagang Kaki Lima (PKL) dan parkir liar di sejumlah ruas jalan utama menimbulkan kesemrawutan. Kemarin (15/4), petugas gabungan dari Satpol PP, Dinas Perhubungan, dan Polres Pekalongan Kota, secara persuasif melakukan penertiban dan penataan, agar lalu lintas lebih kondusif.

“Kami tertibkan PKL dan parkir liar yang tidak sesuai aturan dan mengganggu lalu lintas,” terang Kasatpol PP Kota Pekalongan, Sriyana Jumat (15/4).

Beberapa lokasi yang diterbitkan antara lain di sekitar Alun-Alun Kota Pekalongan, terutama kawasan Gapura Nusantara dan depan Plaza Pekalongan Hypermart. Beberapa PKL yang berjualan memakan bahu jalan. Petugas juga menertibkan parkir kendaraan yang tak sesuai tempatnya. Operasi dilakukan sejak Kamis (14/4) hingga Sabtu (16/4) petang.

Baca juga:  Ajak Emak-Emak Transaksi dengan Uang Digital

Menurutnya, sesuai ketentuannya, PKL tidak diperbolehkan berjualan tepat di depan Gapura Nusantara maupun memakan bahu jalan. Pihaknya mengimbau PKL yang berjualan di sisi jalan agar tidak melewati batas yang telah ditentukan. Termasuk masyarakat agar tidak memarkirkan kendaraan sembarangan. “Semoga hal ini bisa dimengerti oleh semua pihak khususnya warga Kota Pekalongan,” jelasnya.

Sementara itu Kasatlantas Pekalongan Kota melalui Kanit Kamsel Satuan Lalu Lintas, Polres Pekalongan Kota, Iptu Budi Winarso, mengungkapkan, sejauh ini masih memberi imbauan dan edukasi kepada para pelanggar. Namun pihaknya tidak akan segan-segan menindak pelanggar yang membandel. Utamanya yang menyangkut ketertiban lalu lintas. Seperti parkir sembarangan yang mengganggu arus lalu lintas.
Selama razia, petugas masih mendapati parkir semrawut. Utamanya di kawasan Plaza Pekalongan. Sesuai ketentuan, parkir tidak boleh lebih dari dua baris. “Kami sangat persuasif, sanksi saat ini masih kami beri teguran lisan,” pungkas Iptu Budi. (han/zal)

Baca juga:  Ikut Pikirkan Lokasi Jualan PKL

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya