alexametrics

Belum Familiar Online, Banyak Warga Urus Manual

Layanan Administrasi Kependudukan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Upaya Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pekalongan, mengefektifkan pelayanan melalui sistem online belum optimal. Rupanya sistem tersebut belum familiar dengan masyarakat. Terbukti, masih banyak warga yang memilih mengurus administrasi kependudukan secara manual, dengan datang langsung ke kantor.

Kepala Disdukcapil Kota Pekalongan, Slamet Hariyadi mengungkapkan, pihaknya telah memberi kemudahan pelayanan administrasi kependudukan secara online. Akan tetapi, masih ada warga yang belum familiar dengan IT.

“Walaupun sudah ada online, masih banyak yang datang untuk mengajukan layanan,” ujarnya Jumat (8/4).

Slamet menambahkan, selama Ramadan pelayanan di Disdukcapil tidak mengalami perubahan. Namun ada penyesuaian jam kerja pegawai. Sesuai peraturan pemkot, Senin-Kamis pelayanan pukul 08.00-14.00 WIB, dan Jumat 08.00-10.30 WIB. Tidak ada pembatasan jumlah pemohon.

Baca juga:  Kini Warga Bantaran Lodji Tidak Kebanjiran

“Selama Ramadan juga banyak pemohon. Tapi dari 13 item layanan kependudukan, yang paling banyak pemohonnya, penerbitan Kartu Keluarga dan KTP elektronik (e-KTP),” imbuhnya.

Terkait perekaman e-KTP, pihaknya masih berkoordinasi dengan pemangku kepentingan untuk melakukan perekaman mobile. Seperti di sekolah, panti jompo, rumah sakit, dan lainnya. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya