alexametrics

Menikmati Keindahan Senja di Pantai Pasir Kencana

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Selain Sentra Batik, Kota Pekalongan dikenal sebagai kota pesisir Jawa Tengah. Salah satu kawasan yang menarik adalah Pantai Pasir Kencana. Pantai ini sebenarnya bukan wisata baru. Tetapi sekarang dipercantik, diperbarui dengan tambahan mega proyek wisata air. Setelah dapat bantuan dari pemerintah pusat melalui Kementerian PUPR.

Lokasinya cukup mudah dijangkau. Dari jalur pantura, jika dari arah timur  lewat jalan kartini Grogolan. Jika dari arah barat bisa masuk belok di jalan Gatot Subroto menuju kompleks Jatayu. Dari lokasi ini ada dua akses jalan. Namun disarankan lewat akses Jalan Kusuma Bangsa atau Kompleks kampus UIN lama. Akses lain, yakni Jalan WR Supratman masih dalam tahap perbaikan karena jalan rusak parah.

Destinasi ini memiliki area parkir luas. Bisa menampung puluhan roda empat dan ratusan roda dua. Untuk masuk, pengunjung dikenakan tarif Rp 15.000 per orang. Bisa pembayaran tunai atau non tunai melalui berbagai macam aplikasi. Pengunjung yang masuk akan diberikan tiket berupa gelang yang dipakai selama berada di dalam wahana.

Baca juga:  HUT Korpri, Bantu Pedagang Sekolah

Begitu masuk langsung dihadapkan maskot tulisan Love Pekalongan. Tempat instagramable yang biasanya digunakan untuk berfoto. Pasir Kencana memiliki beberapa zona yang bisa dinikmati.

Dari Menara Batik bisa menikmati keindahan pantai Kota Pekalongan. Bisa melihat keindahan berbagai wahana di  lokasi tersebut. Jika cuaca mendukung, pengunjung bisa melihat wajah kota batik. Bagi yang ingin naik ke Menara dibatasi maksimal 10 orang. Jadi bisa bergantian untuk naik ke atas tidak boleh berlebihan.

Selanjutnya skywalk. Semacam jembatan dari besi yang melewati berbagai lokasi di kawasan ini. Bisa hanya sekedar berjalan santai, foto-foto atau sekedar duduk santai. Ada bagian yang menjorok ke bagian pasir pantai, jika saat pasang, air laut tepat berada dibawah kita. “Lokasi ini, paling tepat untuk menikmati indahnya senja. Cukup romantis,” kata Kepala UPTD Wisata Air Pantai Pasir Kencana, Mustofa Hadi.

Baca juga:  Terbengkalai Sejak 2018, Pemkot Pekalongan Mulai Bongkar Pasar Banjarsari

Pemandangan pantai senja memang merupakan andalan. Jadi kawasan ini baru buka untuk umum pukul 14.00 hingga 20.00 WIB. Selain suasana sudah cukup adem, terik matahari juga mulai redup. “Semakin malam di tempat kami malah syahdu. Warna-warna lampu dan pancuran air aa-ala Singapura semakin indah,” ujarnya.

Musthofa menambahkan zona lain yang cukup menarik adalah kolam air besar. Tidak terlalu dalam. Tempat ini, paling disukai anak-anak untuk berendam dan bermain air. Ada pancuran yang disukai balita, karena muncul dari bawah. Bagi yang tidak suka bermain air, anak-anak bebas bermain pasir pantai. Ada lokasi yang cukup luas, dengan pasir pantai yang aman untuk dimainkan.

Baca juga:  Penyerahan SK CPNS Patuhi Prokes

Sementara orang tua bisa duduk santai atau berburu berbagai macam kuliner khas. Seperti pecel, soto tauto, pindang tetel, pempek, bakso, mie ayam, ayam taliwang, hingga aneka minuman dan cemilan kekinian di area kuliner. Selain itu dilengkapi dengan toko oleh-oleh. Yang berisi batik, makanan tradisional.

Kawasan ini juga memiliki panggung hiburan outdoor. Semacam Colosseum pertunjukan di Romawi. Di tempat ini rencananya akan diadakan pertunjukkan kesenian. Dari tari hingga teater. Selain itu, ada panggung utama, yang cukup mega di bagian tengah lokasi. “Sejak dibuka, sudah beberapa kali dibuat konser musik dan beberapa hiburan lain,” tambahnya. (han/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya