alexametrics

Jelang Ramadan, Waspadai Barang Kedaluwarsa

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Tim Pengawas Barang Beredar Kota Pekalongan terus melakukan pengawasan barang di pasar. Terutama menjelang ramadan ketika minat berbelanja cukup tinggi. Masyarakat harus tetap waspada dan selektif dalam membeli barang kebutuhan. Hal itu sebagai upaya agar terhindar dari barang rusak atau kedaluwarsa.

Kepala Dinas Perdagangan, Koperasi, dan Usaha Kecil Menengah (Disdagkop) melalui Kepala Bidang Perdagangan, Junaenah mengatakan masyarakat pasti berbondong-bondong belanja kebutuhan pokok. Sebab, untuk memenuhi kebutuhan selama bulan ramadan. Untuk itu warga harus selektif, dan waspada saat belanja. “Harus berhati-hati saat berbelanja agar barang yang dibeli benar-benar baik. Tidak rusak atau kedaluwarsa,” katanya.

Ia menambahkan ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat berbelanja. Seperti kapan kedaluwarsa makanan dan minuman kemasan. Kondisi kemasan produk, rusak atau berbahaya. Bahan bakunya, mengandung pengawet atau tidak. “Termasuk kesesuaian harga dengan label dan lain sebagainya,” ujarnya.

Baca juga:  Pemkot Pekalongan Perketat Pendistribusian dan Kualitas Bantuan

Junaenah terus mengingatkan pemilik toko retail, swalayan, maupun toko kelontong. Untuk ikut mencermati dengan berbagai produk yang dijual. Terutama produk favorit saat ramadan dan lebaran. “Pemilik swalayan harus terus memantau stok produk kebutuhan pokok masyarakat. Agar jangan sampai habis, agar masyarakat kapanpun tetap bisa membeli,” ujarnya.

Hasil pantauan tim Disdagkop, stok kebutuhan pokok dipastikan lancar. Selain itu belum menemukan berbagai barang kedaluwarsa atau produk rusak. Pihaknya terus melakukan pengawasan di lapangan untuk memastikan semua terkendali. “Sementara dari pantauan hanya ditemukan produk yang tidak dilengkapi informasi berat produknya,” tambahnya. (han/fth)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya