alexametrics

Harga Kebutuhan Pokok Naik, Migor Masih Langka

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Harga barang kebutuhan pokok (kepok) masyarakat mulai naik. Utamanya bumbu dapur dan daging. Hal itu diketahui tim gabungan saat melakukan operasi di sejumlah toko sembako Kamis (24/3).

Kepala Bidang Perdagangan Dindagkop-UKM Kota Pekalongan, Junaenah mengungkapkan, kemarin tim pengawas barang beredar melakukan pantauan pasar di sejumlah pusat perbelanjaan, seperti Pasar Kraton, Pasar Darurat Patiunus, swalayan, toko retail, serta sejumlah minimarket.

“Hasilnya, di pasar sudah ada kenaikan harga kepok,” tegasnya.

Beberapa kepok yang naik di antaranya, bawang putih dari Rp 27 ribu menjadi Rp 30 ribu per kilogram. Bawang merah naik menjadi Rp 40 ribu, cabai Rp 40 ribu dan ayam Rp 37 ribu. Sementara ikan ada kenaikan, namun masih di taraf normal. “Kenaikan rata-rata tidak besar, hanya kisaran Rp 3.000 sampai Rp 5.000 saja,” terangnya.

Baca juga:  Cegah Gelombang Covid saat Nataru, Pemkot Pekalongan Intensifkan Yustisi

Jaenah menambahkan, pengawasan tidak hanya mengenai harga, tapi juga kualitas produk. Menurutnya, hasil pantauan sementara, kualitas produk yang dijual terbilang bagus, terutama daging ayam, sapi dan ikan. Selain itu, untuk ketersediaan berbagai kebutuhan lain masih mencukupi selama Ramadan. “Jadi kondisinya aman,” katanya.

Memang tidak semua kepok naik. Ada barang lain yang malah turun harga. Hal ini diungkapkan, pedagang bumbu dapur di Pasar Darurat Patiunus, Juariah. Seperti cabai hijau yang saat ini di kisaran Rp 20 ribu. “Ini harga cabai turun. Tapi minyak goreng naik drastis, dari Rp 19 ribu jadi Rp 25 ribu,” terangya.

Pedagang lain, Dzikronah mengungkapkan, daging naik akibat minyak goreng naik. Kini harga ayam menjadi Rp 37 ribu per kilogram, sebelumnya Rp 33 ribu. Agar tidak rugi karena dagangan busuk, dirinya terpaksa mengurangi stok. “Jika biasanya saya bawa 70 Kg, saya kurangi jadi 50 kg. Harapannya semoga minyak goreng turun,” harapnya. (han/zal)

Baca juga:  Peringati Hari Pahlawan, Bersatu Hadapi Covid-19

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya