alexametrics

Satpol PP Kini Lebih Humanis

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Anggota Satuan Polisi Pamong Praja, Pemadam Kebakaran, dan Penyelamatan (Satpol P3KP) Kota Pekalongan, diminta terus mempertahankan cara persuasif dan humanis dalam menegakkan perda.

Wali Kota Pekalongan, HA Afzan Arslan Djunaid (Aaf) mengatakan, kini Satpol P3KP Kota Pekalongan, sudah bisa merubah pandangan masyarakat. Jika sebelumnya, kesannya negatif, karena sering menindas orang kecil, menggusur Pedagang Kaki Lima, dan lain sebagainya, kini sudah lebih baik.

“Dengan pendekatan yang persuasif dan humanis, kini kesannya lebih baik,” kata Aaf saat apel Hari Ulang Tahun (HUT) ke-72 Satpol PP dan ke-60 Satlinmas serta ke-103 Damkar di Halaman Mako Satpol PP, Selasa (8/3).

Terbukti, jajaran P3KP Kota Pekalongan telah mendapat apresiasi dari Kemendagri atas penanganan paling kondusif terbaik kedua, setelah Kota Bogor selama pandemi Covid dan PPKM Darurat.  Aaf berharap, ke depan kinerja ini tetap dilaksanakan.

Baca juga:  Masih Penghujan, Waspada Banjir dan DBD

“Kini jangan menindak dengan kekerasan, tetapi lebih melakukan pendekatan humanis, persuasif namun tetap tegas,” tegasnya.

Aaf juga turut mengapresiasi Damkar yang sigap menindaklanjuti laporan masyarakat. Baik itu kasus kebakaran maupun permintaan bantuan lain. Selama ini, petugas Damkar telah bertindak cepat, tidak sampai sepuluh menit sudah tiba di lokasi.

“Sementara, keberadaan Satlinmas selama ini tidak hanya sebagai pelengkap saja, tetapi mereka bisa menunjang kinerja Satpol P3KP, kelurahan maupun instansi lainnya,” tandasnya.

Pada apel kemarin, Aaf juga menyerahkan sejumlah penghargaan kepada anggota Satpol P3KP yang berprestasi atas kinerjanya. Termasuk menyerahkan hadiah perlombaan dalam rangka HUT Satpol, Satlinmas serta Damkar. HUT Tahun ini mengusung tema “Profesional dan Berintegritas Mewujudkan Penyelenggaraan Trantibum Untuk Indonesia Maju dan Sehat”.

Baca juga:  Percepat Perbaikan Kualitas Layanan Publik

Aaf meminta kepada seluruh jajaran Satpol PP untuk terus meningkatkan kinerja dan profesionalitas, seiring dengan semakin besarnya tuntutan masyarakat akan pelayanan dari satuan yang menjadi garda terdepan penegak perda tersebut.

Aaf berharap peringatan HUT ini tidak hanya dijadikan sebagai momentum untuk mengenang masa lalu, namun lebih dari itu, bisa meneruskan semangat juang, dedikasi, dan pengabdian sebagai aparatur dalam melindungi masyarakat, serta memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat.

“Atas nama Pemerintah Kota Pekalongan kami mengucapkan selamat HUT ke-72 Satpol PP dan ke-60 Satlinmas serta ke-103 Damkar Tahun 2022,” ujarnya. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya