alexametrics

Pemkot Pekalongan Siapkan Vaksin Booster

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota (Pemkot) Pekalongan turut mempersiapkan diri, untuk memberikan vaksin booster atau dosis ketiga kepada seluruh masyarakat secara gratis. Ini sesuai dengan instruksi Presiden Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada siaran konferensi pers Selasa malam (11/1).

“Kami masih menunggu teknisnya seperti apa, serta menunggu dropping dari Pemprov Jateng,” jelas Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid Kamis (13/1).

Diungkapkan Aaf -sapaan akrab wali kota- sebenarnya pemberian vaksin booster di Kota Pekalongan sudah dimulai beberapa bulan lalu. Namun dengan sasaran prioritas tenaga kesehatan. Diberikan atas dasar alasan kegawatdaruratan akibat invasi varian delta dengan persentase yang masih kecil.

Dijelaskan juga, untuk pemberian vaksin booster mencakup tiga alternatif. Pertama, bagi warga yang mendapatkan vaksin primer Sinovac untuk dosis 1 dan dosis 2, maka akan diberikan booster vaksin Pfizer setengah dosis.

Alternatif kedua, warga yang mendapatkan vaksin primer Sinovac untuk dosis 1 dan dosis 2, maka dapat juga diberikan booster vaksin AstraZeneca setengah dosis. Sementara alternatif ketiga yakni, warga yang mendapatkan vaksin primer AstraZeneca untuk dosis 1 dan dosis 2, maka akan diberikan booster vaksin Moderna setengah dosis.

Untuk syarat penerimanya, masyarakat berusia 18 tahun ke atas. Dan sudah mendapatkan vaksinasi dosis lengkap atau 2 kali suntik dan minimal 6 bulan setelah penyuntikan dua dosis. Pihaknya berharap, dropping vaksin dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jateng bisa segera datang untuk menambah stok vaksin yang ada.

Karena terbatas, sementara vaksin akan diprioritaskan bagi masyarakat rentan tertular dan lansia. Sedangkan untuk masyarakat umum menunggu stok vaksin datang. “Bagi yang sangat butuh, atau merasa rentan bisa datang ke Dinkes atau Puskesmas terdekat,” tandasnya. (han/ida)

Menarik

Artikel Terkait

Terbaru

Lainnya

Diserbu Pembeli, Stok Minyak Goreng Kosong

Waspada Peningkatan Kriminalitas

Sultan Fatah, Bukti Kejayaan Islam Nusantara

Hilang Konsentrasi, Mobil Terjun ke Selokan

Populer

Artikel Menarik Lainnya