alexametrics

Tempat Layanan Publik Wajib Terapkan Aplikasi PeduliLindungi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, PEKALONGAN – Menghadapi libur Natal dan tahun baru (Nataru), tempat pelayanan publik wajib menerapkan aplikasi PeduliLindungi. Hal tersebut ditegaskan Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid saat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Candi Tahun 2021 di Mapolres Pekalongan Kota, Kamis (23/12).

Wali kota yang akrab disapa Aaf tersebut bersama jajaran Forkopimda dan Kepala OPD terkait, mengecek kesiapan patroli. Mulai dari personel, perlengkapan dan kendaraan dinas. Dipastikan semuanya siap digunakan untuk pengamanan libur Nataru.

Setidaknya ada 468 personel gabungan dari TNI, Polri, Satpol PP, Dishub, BPBD, dan organisasi masyarakat yang dikerahkan. Operasi akan berlangsung selama 10 hari. Mulai 24 Desember hingga 2 Januari 2022. Mereka akan menjaga 19 gereja serta berbagai objek vital.

Baca juga:  Kapolri dan Panglima Cek Pospam Katedral

Ditegaskan Aaf, pemkot melarang dan tidak memberikan izin segala bentuk kegiatan yang berpotensi menimbulkan kerumunan. Termasuk perayaan Nataru dengan pesta kembang api. Baik yang digelar di hotel, tempat wisata, dan sebagainya. “Nanti wajib ada scan barcode PeduliLindungi, agar bisa terpantau setiap aktivitas di layanan publik,” tegasnya.

Terkait sanksi bagi pelanggar, Satgas belum membicarakan lebih lanjut. Sebab saat ini lebih fokus pada penjagaan, termasuk memastikan rekayasa lalu lintas dan sebagainya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Pekalongan, Slamet Prihantono akan menyiapkan rekayasa lalu lintas khususnya di titik kerumunan massa. Seperti di Alun-Alun Kota, Lapangan Jetayu dan Kompleks Lapangan Mataram. “Di lokasi-lokasi tersebut nantinya arus lalu lintas akan dialihkan. Agar tidak terjadi kerumunan warga yang datang,” ujarnya.

Baca juga:  Cegah Varian Baru, Tingkatkan Operasi Yustisi

Terkait pengamanan objek-objek vital, tim gabungan bakal mengecek layanan simpatik di tiga titik posko yang telah disiapkan. Yakni di Pospam THR, Matahari, dan Exit Tol Grosir Setono yang menginduk pada pos yang didirikan oleh Polres Pekalongan Kota. Selain itu juga akan berkeliling di 19 gereja.

“Rencananya besok (hari ini) tim gabungan akan meninjau sejumlah gereja dan pospam yang didirikan,” tandasnya. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya