alexametrics

Pesisir Kota Pekalongan Terendam, Puluhan Warga Mengungsi

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Banjir kembali menerjang pesisir Kota Pekalongan. Intensitas hujan yang tak begitu tinggi Senin (15/11/2021) siang, sudah menggenangi sejumlah titik. Genangan banjir diperparah dengan datangnya rob.

Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan BPBD Kota Pekalongan Dimas Arga Yuda menjelaskan, hujan sejak pagi membuat volume air menuju hulu tinggi. Sekitar pukul 12.00, sungai sudah tidak bisa menampung air, karena rob juga tinggi. “Permukiman langsung terendam, dengan ketinggian 20 – 60 sentimeter,” jelasnya.

Beberapa wilayah yang terendam mulai dari Kelurahan Degayu, Krapyak, Sugihwaras Kelurahan Sampangan, Bugisan Kelurahan Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara. Serta di wilayah Kelurahan Pasirkratonkramat, Pekalongan Barat. “Yang parah di Dukuh Clumprit Degayu, ada 200 rumah terdampak. Sebagian warga terpaksa kami evakuasi,” jelasnya.

Baca juga:  Bayar Retribusi, Bonus Masker

Warga dievakuasi oleh petugas BPBD Kota Pekalongan dan tim gabungan. Mereka diamankan di kantor Kelurahan Degayu, hingga berita ini ditulis ada sekitar 16 orang mengungsi. Kemungkinan bisa bertambah jika hujan terus mengguyur. Namun sebagian warga rata-rata masih bertahan di rumah, karena sudah terbiasa dengan kondisi tersebut.

Sementara itu belasan pengungsi di Kelurahan Degayu, saat ini langsung dicek kesehatannya oleh petugas dari PMI Kota Pekalongan.

Tim gabungan telah menyiapkan kebutuhan logistik bagi warga yang mengungsi dan yang bertahan di rumah. Mulai dari kebutuhan air minum, pampers, selimut dan makanan. Termasuk obat-obatan. (han/zal)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya