alexametrics

Pemkot Pekalongan Bentuk Agen Perubahan Anti-Perundungan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan mengajak peran aktif pelajar dalam mencegah Kasus bullying atau perundungan sejak dini. Salah satunya dengan membentuk Agen Perubahan Anti Perundungan.

“Hal ini akan menjadi awal tonggak anti bullying terutama di lingkungan sekolah,” ujar Wali Kota Pekalongan Afzan Arslan Djunaid saat hadir dalam Roots Day Ajang Kreasi Agen Perubahan Anti Perundungan di Aula SMP Negeri 14 Kota Pekalongan Senin (25/10).

Tahun ini, SMPN 14 Kota Pekalongan merupakan salah satu sekolah yang terpilih sebagai sekolah penggerak dalam melaksanakan program Roots Indonesia. Ada 30 orang pelajar setempat yang dikukuhkan menjadi Agen Perubahan Anti Perundungan. Menurut wali kota, hendaknya kegiatan antiperundungan ditindaklanjuti dan dijalankan dengan sebaik-baiknya. Mulai dari guru, komite, maupun pengajar. “Saya bangga, ada 30 siwa yang dipercaya oleh teman-temannya sendiri, untuk jadi agen perubahan,” serunya.

Baca juga:  Tetap Disiplin Meski Sudah Divaksin

Aaf, panggilan akrab wali kota, berharap, usai dikukuhkan dan deklarasi, para agen, segera menjalankan tugasnya dengan baik dalam menghentikan kasus-kasus bullying di lingkungan setempat. Karena harus mencegah sejak dini, karena perundungan bisa menimbulkan trauma yang berkepanjangan pada siswa baik secara fisik maupun non fisik. “Efek perundungan sangat luar biasa, semoga ada perubahan dengan gerakan ini,” tegas Aaf.

Kepala SMP Negeri 14 Kota Pekalongan Siti Nurul Izzah menjelaskan, sebelum dikukuhkan, 30 siswa agen perubahan antibullying ini telah mendapat pembinaan dan pelatihan selama 10 kali pertemuan. Nantinya, para agen sepakat untuk menebarkan perilaku-perilaku kebaikan antiperundungan.

Melalui kreasi-kreasi yang telah mereka buat baik melalui karya poster, video, film pendek, tarian,dan sebagainya. Mereka juga akan menjadi tutor sebaya bagi program project penguatan pendidikan profil pelajar Pancasila. “Mereka akan mendampingi teman-temannya untuk melaksanakan kegiatan-kegiatan antiperundungan,” jelasnya. (han/ton)

Baca juga:  Polres Perketat Pengawasan di Mal

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya