alexametrics

Pemkot Pekalongan Pertahankan WTP Enam Kali Berturut-turut

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan sukses mempertahankan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP) dari Badan Pemeriksa Keuangan Republik Indonesia (BPK RI) dalam kurun waktu 6 tahun berturut-turut. Pemkot kembali diganjar dana alokasi khusus (DAK) sebesar Rp58,7 miliar untuk program fisik.

“Yang akan direalisasikan sampai Desember nanti sebesar Rp 51,2 miliar,” jelas Kakanwil Ditjen Perbendaharaan (DPJb) Provinsi Jawa Tengah Midden Sihombing usai menyerahkan plat khusus dari Kementerian Keuangan kepada Pemkot Pekalongan pada Senin (18/10).

Menurut Midden, memperoleh WTP 6 kali secara berturu- turut patut dibanggakan dan berharap tahun depan mendapatkan lagi. Keberhasilan ini dikarenakan pengelolaan keuangan daerah dan sistem pengendalian internal berjalan dengan baik. Tidak hanya keuangan dan asetnya saja tapi semakin baik pula fungsi dan tanggung jawab pemerintah daerah. “Karena setiap rupiah harus dipertanggungjawabkan bagi kepentingan dan manfaat untuk masyarakat,” serunya.

Baca juga:  Posyandu Germas, Posyandu Germas

Sementara itu, Wali Kota Pekalongan yang akrab disapa Aaf merasa sangat bersyukur dan sangat bangga dengan capaian WTP ini. Namun demikian peningkatan dan evaluasi yang saat ini dicapai harus terus dilakukan perbaikan guna meningkatkan kualitas laporan keuangan berikutnya. “Capaian ini, mudah-mudahan bisa menambah semangat kinerja seluruh OPD di lingkup pemkot,” ujarnya.

Diungkapkan lebih lanjut, pihaknya sebenarnya merasakan tekanan terhadap penghargaan WTP ini. Dimana mempertahankan penghargaan itu lebih sulit daripada meraihnya. Namun hal ini, dijadikan motivasi yang lebih besar lagi untuk Pemkot Pekalongan mempertahankan penghargaan serupa di tahun-tahun mendatang. (han/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya