alexametrics

Lahan Bekas Sawah Bakal Disulap jadi Objek Wisata

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemkot Pekalongan berencana memfungsikan lahan bekas persawahan menjadi kawasan wisata. Salah satunya di Kelurahan Degayu, Kecamatan Pekalongan Utara. Selama ini persawahan di sana tak produktif akibat terendam rob.

“Lahannya cukup luas. Sekitar 200 hektare. Kami sudah survei kemarin,” jelas Wakil Wali Kota Pekalongan, Salahudin saat meninjau lahan persawahan mangkrakt ersebut Rabu (4/8/2021).

Wawali didampingi tim dari Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Tinjauan untuk mengetahui kondisi riil, agar bisa menentukan langkah serta upaya yang jelas ke depannya. “Sehingga kami bisa melakukan kajian dengan instansi terkait,” tandasnya.

Dari tinjauan, Salahudin melihat potensi wisata di kawasan tersebut. “Harapa kami bisa menumbuhkan ekonomi masyarakat sekitar,” harapnya.

Baca juga:  Ekonomi Kota Pekalongan Tumbuh 3,56 Persen

Pemkot Pekalongan akan memfasilitasi dan memberikan stimulan untuk membangun infrastruktur di area tersebut. Kemudian masyarakat bisa membuat kawasan wisata secara mandiri. “Bisa berupa homestay atau kolam pancingnya,” ujarnya.

Salahudin menambahkan, taman mangrove yang sudah ada akan dirapikan. Kemudian saluran air akan diperbaiki dengan anggaran yang sudah ada. “Bisa dibuatkan jembatan yang tengahnya bisa dilalui sampan kecil,” terangnya.

Masyarakat di sepanjang jalur itu bisa menikmati kegiatan rekreasi, ada spot foto, sambil menunggu kembalinya keadaan tanah siap ditanami padi kembali. “Jika ada wisata, akan berikan efek ekonomi kepada warga sekitar,” pungkasnya. (han/zal)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya