alexametrics


Penumpang Bus yang Masuk Kota Pekalongan Langsung Di-swab

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan melakukan berbagai antisipasi untuk menangani penyebaran virus Covid 19 di wilayahnya. Dengan terus melakukan penyekatan wilayah dari warga luar kota hingga akan dilakukan penyemprotan desinfektan masal. Penumpang bus yang masuk wilayah Kota Pekalongan juga harus mengikuti tes swab.

“Kami akan semakin menggencarkan operasi yustisi, penyekatan dan melakukan penyemprotan desinfektan secara massal besok,” terang Kepala Satpol PP Kota Pekalongan Sri Budi Santoso Rabu (9/6/2021).

Penyemprotan desinfektan akan dilakukan di lokasi publik seperti jalan-jalan, tempat klaster penularan Covid-19, 27 kelurahan, kantor OPD dan fasilitas umum. Sejumlah 250 personil dari Satpol PP, BPBD, Dinas Kesehatan, Kodim 0710 Pekalongan, Polres Pekalongan Kota, babinsa dan babinkamtibmas, serta relawan akan melaksanakan penyemprotan desinfektan usai apel bersama di Lapangan Mataram Kamis (10/6/2021) pukul 13.30 WIB.

Terkait kegiatan penyekatan, pada Selasa malam digelar razia bersama TNI-Polri, Dinkes, BPBD, Dishub dan Satpol di Exit Pintu tol depan Grosir Setono Kota Pekalongan. Rombongan bus yang mau pulang ziarah dari Makam Sapuro setempat dihentikan dan dilakukan swab massal pada penumpangnya. Hasilnya 74 penumpang negatif. Kemudian, ada 5 bus dari asal Jawa Tim yang mau masuk Kota Pekalongan, diminta langsung putar balik karena, karena tidak membawa surat keterangan bebas covid para penumpangnya. Dua bus asal Pekalongan yang baru pulang berwisata dan ziarah dari Malang Jawa timur juga dihentikan, untuk diswab massal. “Rata-rata rombongan mau berwisata religi ke Makam Sapuro,” ungkapnya.

Sementara itu, selama satu pekan ke depan, sehari tiga kali, seluruh wilayah di Kabupaten Pemalang akan disemprot desinfektan. Kapolres Pemalang AKBP Ronny Tri Prasetyo Nugroho mengatakan, penyemprotan desinfektan menyasar fasilitas umum (fasum) dan fasilitas sosial (fasos) yang menjadi pusat keramaian masyarakat Kabupaten Pemalang.

Untuk wilayah perkotaan, Polres Pemalang menggunakan mobil Armor Water Canon (AWC) untuk penyemprotan desinfektan. Dengan dibantu 2 mobil tangki BPBD setempat. Sedangkan untuk pedesaan, tim gugus Covid-19 tingkat Kecamatan menggunakan mobil patroli jajaran Polsek yang dilengkapi toren berisi  cairan desinfektan dan alat penyemprot.

Penyemprotan sudah dilakukan sejak Selasa (8/6/2021) malam yang dilakukan di sejumlah pasar tradisional. Mulai dari Pasar Pagi, Pasar Buah dan Pasar Rongsok Pemalang serta Terminal Induk Pemalang. “Kami semprot malam hari, karena sudah tidak ada aktivitas jual beli,” kata Ronny. (han/ton)

 

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer