alexametrics


Sejak Dilaunching Desember 2020, UPKSAI Baru Tangani Satu Kasus

Rekomendasi

Menarik

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Belum banyak masyarakat yang mengetahui keberadaan Unit Pusat Kesejahteraan Sosial Anak Integratif (UPKSAI). Padahal, lembaga ini bisa menangani permasalahan sosial anak. Baik masalah pendidikan, ekonomi, kesehatan dan sebagainya.

“Jika mengetahui permasalahan anak di sekitar kita, bisa lapor ke UPKSAI,” ujar Kepala Seksi Pelayanan dan Rehabilitasi Sosial pada Dinas Sosial Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana Kota Pekalongan, Dwijo Priyono Senin (31/5/2021).

Priyono mengatakan, sejak launching Desember 2020 lalu, baru menangani satu kasus kekerasan pada anak.

Pihaknya pun mengintensifkan sosialisasi terkait layanan yang ada di UPKSAI. Masyarakat bisa memanfaatkan layanan ini, dengan datang langsung ke kantor layanan di Jalan Sriwijaya Nomor 40. Jam layanannya, Senin – Kamis pukul 08.00-14.00 dan Jumat pukul 08.00-11.00.

Ketika masyarakat menjumpai tetangga, sanak saudara, atau kerabat dekat terdapat anak yang tidak diurus atau dirawat dengan baik oleh orang tua atau wali, bisa melaporkan ke UPKSAI. Harus disertai bukti berupa video atau foto. “Jika valid, maka akan kami tindak lanjuti dengan melibatkan instansi atau OPD terkait,”terangnya.

Selama masa pandemi Covid-19 angka kekerasan anak terus meningkat. Pihaknya berharap berbagai pihak bisa berkolaborasi bersama dalam membangun pondasi pencegahan dan penanganan korban kekerasan anak. (han/zal)

Tinggalkan Balasan

Terbaru

Populer