alexametrics

Perpustakaan Kota Pekalongan Dibuka Kembali

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan, kembali membuka layanan Perpustakaan Umum Kota Pekalongan. Selama masa Lebaran, pelayanan perpustakaan diliburkan.

Dijelaskan Kepala Seksi Akuisisi, Pengolahan, dan Layanan Pustaka Dinarpus Kota Pekalongan Junaenah, layanan yang sudah dibuka kembali adalah baca di tempat dan pengembalian buku. Akan tetapi, khusus layanan peminjaman buku fisik belum dapat dilakukan. “Masyarakat masih bisa melakukan peminjaman buku secara online melalui aplikasi,” jelasnya Jumat (21/5/2021).

Terkait untuk buku fisik, sementara tidak melayani karena memang saat ini masih ditata ulang. Baik buku di perpustakaan umum maupun yang ada di armada Perpustakaan Keliling. “Bagi yang mau pinjam buku fisik, bisa ke Perpustakaan 2 (Perpustakaan Pelita) namun baru dibuka pada 24 Mei mendatang,” ungkapnya.

Baca juga:  Dulu Layani Pabrik Gula, Kini Tersisa Fondasi Jembatan

Selama pandemi, pengunjung perpustakaan digital mengalami peningkatan. Sebab bahan pustaka digital lebih memudahkan masyarakat dalam menambah ilmu pengetahuan. Hal ini katanya, sebagai jawaban atas perkembangan teknologi yang pesat. Sehingga masyarakat juga harus mengikuti perkembangan tersebut. Serta diharapkan dapat meningkatkan minat baca masyarakat, apalagi mudah dalam mengaksesnya. “Kami terus mengajak masyarakat untuk memanfaatkan Perpustakaan digital ini,” jelasnya.

Atas atensi yang cukup besar, pihaknya pun menambahkan durasi peminjaman dan banyaknya buku yang dipinjam. Jika semula satu anggota hanya diperbolehkan meminjam 3 copy/judul dalam jangka waktu 4 hari. Sekarang, satu anggota diperbolehkan meminjam 5 copy/judul dalam jangka waktu 5 hari. “Kami mengapresiasi, makannya jumlah buku yang boleh dipinjam kami tambah,” ungkapnya. (han/ton)

 

Baca juga:  Perkuat Pondasi Tumbuh Kembang Anak di Usia Emas

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya