alexametrics

Latihan Ujian Dulu Agar Siswa Tidak Kaget

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pandemi Covid-19 membuat siswa terbiasa belajar secara daring. Takut siswanya akan kaget dan belum terbiasa untuk menjalani Uji Kompetensi Keahlian (UKK), SMKN 3 Pekalongan melakukan banyak penyesuaian dan persiapan. Salah satunya dengan menggelar praujian.

Kepala SMKN 3 Pekalongan Yeni Pujiastuti mengungkapkan, untuk membantu kesiapan siswa setempat menghadapi UKK, pihaknya akan mengggelar Pra-UKK untuk merefresh kemampuan dan pemahaman siswa terhadap mesin. “Mudah-mudahan ini membantu,” katanya Jumat (21/5/2021).

Hal ini dilakukan, sebab siswa sudah satu setengah tahun ini melakukan pembelajaran jarak jauh. Sehingga tidak berhadapan langsung dengan mesin dan alat praktik. Para siswa hanya belajar melalui video praktik oleh guru. “Makanya kami khawatir jika ketika UKK mereka tiba-tiba harus mengoperasikan mesin akan kaget,” jelas Yeni.

Baca juga:  Guru Harus Menulis Artikel Inovatif

Diungkapkan lebih lanjut, tahun lalu pihaknya tidak menggelar UKK di tengah pandemi. Baru 2021 dilaksanakan. Namun akan banyak penyesuaian yang mereka lakukan. Pasalnya baru kali ini ujian di tengah pandemi. Yang jelas, pihaknya akan melakukan protokol kesehatan (prokes) dengan ketat. Dengan harapan tidak muncul klaster penularan Covid-19 usai UKK.

Pihaknya menegaskan, akan menerapkan para siswa wajib mengenakan masker, cuci tangan, dan menjaga jarak. Selain itu untuk pelaksanaan UKK kami atur tiap sesinya sejumlah 10 orang, ini untuk menghindari kerumunan. Sehingga kali ini, akan menambah jam UKK. Yang biasanya hanya satu pekan, di tengah pandemi ini pelaksanaannya dua pekan. Yakni mulai 19 Mei sampai dengan 2 Juni mendatang. (han/ton)

Baca juga:  Pasar Tiban Pelita II Dibuat Satu Sisi

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya