alexametrics

Cek GeNose, Tiga Penumpang Positif Covid

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Terminal Tipe A Pekalongan menyediakan layanan pemeriksaan Covid-19 menggunakan alat GeNose secara gratis. Alat ini digunakan penumpang ataupun pemudik dari luar kota yang turun di Terminal Tipe A Pekalongan. Dari sampel secara acak yang sudah diambil selama ini, tiga penumpang terbukti positif terpapar Covid 19.

Koordinator Terminal Tipe A Pekalongan Budianto mengungkapkan bahwa tes GeNose yang disediakan di Terminal Tipe A Pekalongan ini tidak dipungut biaya alias gratis bagi pemudik luar daerah yang akan memasuki wilayah Kota Pekalongan melalui terminal. “Dalam sehari, hanya tersedia 10 kantong GeNose saja,” jelasnya, Kamis (29/4/2021).

Alat GeNose tersebut bantuan dari Kementerian Perhubungan RI. Hal ini sesuai instruksi adanya SE Satgas Nomor 13 Tahun 2021 terkait larangan mudik Lebaran yang diberlakukan mulai 22 April-24 Mei 2021 mendatang. Sedang di lokasi tersebut, sudah dimulai sejak 19 April lalu.

Baca juga:  Ajak Warga Tetap Taat Prokes dan Ikut Vaksin

Sejak digunakan, petugas telah memeriksa 116 sampel secara acak. Dari sekian sampel pemeriksaan, diketahui tiga penumpang dinyatakan positif Covid-19 dan sisanya negatif.

Ketiga penumpang yang terpapar tersebutselanjutnya ditangani Satgas Covid-19 setempat. Mereka diminta untuk isolasi mandiri, dan melakukan pemeriksaan lanjutan ke fasilitas layanan kesehatan (fasyankes) terdekat dan tetap menjaga diri dan patuh protokol kesehatan agar tidak menularkan kepada keluarga maupun orang lain di sekitarnya.“Dari 300 kantong GeNose, target kami sampai 17 Mei 2021 mendatang,” tandasnya. (han/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya