alexametrics

Pemkot Pekalongan Gencarkan Program Kelurahan Menanam

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan terus menggerakkan program 100 hari di masa kepemimpinan Wali Kota Afzan Arslan Djunaid dan Wakil Wali Kota Salahudin. Salah satunya, program Kelurahan Menanam, yang bertujuan untuk menjaga ketahanan pangan keluarga di tengah masa pandemi.

“Kami berharap masyarakat bisa lebih produktif dan mandiri dalam rangka menciptakan ketahanan pangan di tengah kondisi pandemi,” seru Salahudin Senin (5/4/2021).

Menurutnya, melalui program “Kelurahan Menanam”, nantinya bisa untuk memenuhi kebutuhan pangan. Tidak hanya di tingkat rumah tangga saja, namun juga dapat mengurangi pengeluaran, bahkan meningkatkan pendapatan rumah tangga jika dikelola secara maksimal. “Ini program strategis. Selain mencukupi kebutuhan pangan dan gizi, turut meningkatkan pendapatan rumah tangga,” ujarnya di Kantor Kecamatan Pekalongan Timur.

Baca juga:  Masih Banyak Trotoar Jadi Tempat Parkir

Untuk mendukung program tersebut, Pemerintah Kecamatan Pekalongan Timur ikut memberikan bantuan bibit tanaman secara swadaya kepada 7 kelurahan.  Terdiri dari 900 bibit tanaman sayur cabai merah keriting dan cabai rawit, 70 bibit pohon sengon, 70 bibit pohon ketapang,7 bibit pohon mahoni dan 700 buah media tanam polibag.

Di samping itu, ada bantuan untuk Kecamatan Pekalongan Timur dari DLH berupa bibit pohon mangga, pohon jambu air, pucuk merah dan bantuan pupuk. Serta bantuan bibit dari Dinperpa berupa 300 bibit tanaman sayuran, 125 bibit tanaman cabai, 10 bibit pohon sengon, 1 bibit pohon ketapang, 1 bibit pohon mahoni, dan 100 lembar polybag.

Kepala Seksi Konsumsi dan Penganekaragaman Dinperpa Kota Pekalongan Moh Karmani mendukung program Kelurahan Menanam ini dengan menargetkan pemberian 600 bibit tanaman sayuran dalam 2 jenis, sementara untuk bibit tanaman buah sebanyak 3 jenis. Tergantung stok yang ada. “Program Kelurahan Menanam ini diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui peningkatan ketahanan pangan keluarga,” tandasnya. (han/ton)

Baca juga:  Jalan Rusak, Enam Bulan Baru Bisa Diperbaiki

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya