alexametrics

Pelabuhan Onshore Harus Terwujud pada 2021

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Pekalongan berharap pembangunan Pelabuhan Onshore bisa terwujud di 2021 ini. Hal ini dilakukan sebagai upaya mendukung industrialisasi perikanan dan mengembalikan kejayaan perikanan daerah setempat. “Kami terus berkomunikasi dengan pihak-pihak terkait,” ujar Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid SE Rabu (17/3/2021).

Menurutnya, Pemkot Pekalongan terus mendorong peningkatan ekonomi, salah satunya sektor perikanan. Namun mengingat kondisi Tempat Pelelangan Ikan (TPI) Kota Pekalongan yang tidak kondusif akibat pendangkalan sungai, butuh koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Jateng yang memiliki kewenangan.

Untuk itu, jika pelabuhan Onshore bisa terwujud, selain sebagai penanggulangan rob juga diharapkan memajukan kembali sektor perikanan sekaligus meningkatkan produksi perikanan di Kota Pekalongan. “Mudah-mudahan tahun ini sudah ada kepastian, mengingat lokasi yang akan dijadikan pelabuhan tersebut sudah disurvei,” tegasnya.

Baca juga:  Pertahankan Batik sebagai Warisan Budaya

Sementara itu, Kementerian Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi (Kemenko Marves) RI terus mendukung rencana pembangunan Pelabuhan Onshore. Hal ini disampaikan Asisten Deputi Infrastruktur Dasar Perkotaan dan Sumber Daya Air Dr Rahman Hidayat saat berkunjung ke Kota Pekalongan. Kedatangan mereka untuk mengecek lahan yang akan digunakan sebagai lokasi dibangunnya pelabuhan. Lokasi berada di antara Sungai Banger dan Sungai Lodji. “Secara teknis, pembangunan ini juga masuk program prioritas penanggulangan rob Kota Pekalongan dari PUPR,” jelasnya.

Rencana program prioritas tersebut mengubah Pelabuhan Perikanan yang merupakan kewenangan Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI menjadi Pelabuhan Onshore. Pihaknya ingin memastikan pelabuhan tersebut sudah terbangun, juga perlu didukung dengan akses jalan, ketersediaan air bersih, dan infrastruktur lainnya.

Baca juga:  IKM Dapat Jatah Migor Khusus

Tinggal bagaimana kesiapan Pemerintah Kota Pekalongan dalam menyiapkan lahan yang sudah ada sekitar 5 hektare untuk lokasi pembangunan pelabuhan tersebut. “Masih ada waktu untuk walik ota Pekalongan bersurat kepada Kemen-PUPR untuk menyampaikan terkait rencana adanya pembangunan Pelabuhan Onshore tersebut,” kata Ragman. (han/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya