alexametrics

Film Alang-Alang Angkat Ikon Pekalongan

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Sineas nasional menggarap film layar lebar berjudul “Alang-Alang” di wilayah Kota Pekalongan. Pelabuhan Pekalongan, pantai hingga lokasi ikonik di Kota Batik menjadi latar belakang film dengan genre drama ini.

Film besutan sutradara sekaligus penulis naskah Khusnul Khitam ini didukung Production House Aksa Bumi Langit dari Bandung. Melibatkan 65 persen anggota kru dan pemain asal Kota Pekalongan serta didukung oleh artis nasional Putri Ayundia. “Syuting akan berlangsung selama 19 hari, mulai 10 Maret-28 Maret 2021 mendatang,” ujar Harsana Ragil, ketua Dewan Kesenian Kota Pekalongan (DPPK) Kamis (11/3/2021).

Beberapa lokasi yang akan dibuat syuting adalah Tempat Pelelangan Ikan (TPI), pelabuhan, Pantai Slamaran, makam yang terkena rob, galangan kapal, TPA Degayu, kawasan kota, terutama ikon-ikon di Kota Pekalongan.

Baca juga:  Atasi Banjir, Warga Kelurahan Tirto Bangun Tanggul Swadaya

Kota ini dipilih, salah satunya berkat rekomendasi Khusnul Khitam atau yang akrab disapa Tatam. Pria ini merupakan putra daerah asal Kradenan.

Line Producer Film Alang-Alang Theo Dora Subakti menargetkan bisa merilis film tersebut pada akhir 2021 atau awal 2022 mendatang. Film ini, mengangkat tema perjuangan hidup dari seorang anak kecil yang menghadapi kerasnya kehidupan dan bagaimana ia tidak punya pilihan. Sehingga kadang harus melakukan beberapa hal yang tak terduga. “Pesan film ini, untuk mengajak orang dewasa dan orang tua memperhatikan dan memahami anak kecil,” jelasnya.

Pihaknya berharap, nantinya karya film berdurasi 70-90 menit ini, bisa mengangkat potensi yang ada di Kota Pekalongan terutama masyarakatnya dalam kancah industri perfilman di Indonesia. Dan

Baca juga:  Peringati Hari Buruh, Gelar Porseni Tripartit

Sementara itu, Khusnul Khitam menjelaskan bahwa penulisan naskah Alang-Alang sudah dilakukan sejak 2006 sebagai karya produksi dokumenter Alang-Alang. Kemudian di 2010 ini kembali ditulis dalam bentuk cerita fiksi. (han/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya