alexametrics

Bruk! Tembok Stasiun Pekalongan Tiba-Tiba Ambrol

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Tembok Stasiun KA Pekalongan ambrol sepanjang sekira 20 meter, Sabtu siang (6/3/2021). Dugaan kuat, tembok bagian atas itu ambrol karena lapuk. Reruntuhannya menimpa ruang tunggu penumpang dan ruang PPKA Stasiun Pekalongan.

Kapolsek Pekalongan Barat Kompol Willer Napitupulu menjelaskan, pihaknya masih menyelidiki peristiwa tersebut. Runtuhnya tembok terjadi pada ruangan laktasi hingga ruang kontrol perjalanan. Lebar tembok yang runtuh mencapai 1 meter. Terjadi sekitar pukul 12.45.”Kami masih menyelidiki peristiwa ini, namun runtuhnya tembok stasiun diduga karena faktor usia, bangunan sudah tua,” ucapnya.

Bangunan Stasiun Pekalongan merupakan bangunan lama sejak tahun 1898 dan menjadi cagar budaya. Kondisinya masih dirawat dan difungsikan sebagai Stasiun di wilayah DAOP 4 Semarang. Tembok yang runtuh merupakan dinding bata sudah lapuk. Tidak ada perkuatan struktur pengikat balok dan kolom atau besi tulangan.

Baca juga:  Pemkot Pekalongan Sweeping Warga yang Belum Vaksin

“Perjalanan kereta di Stasiun Pekalongan normal seperti biasa. Tidak terganggu dengan adanya insiden tersebut. Penumpang tetap bisa melakukan perjalanan melalui Stasiun Pekalongan,” timpal Wakil kepala Stasiun Tri Budi.

Menurutnya, setelah terjadi runtuhnya tembok tersebut, petugas KAI segera membersihkan puing-puing yang ada. Begitu juga dengan pengamanan instalasi kabel kabel yang masih tersambung. Beruntung, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu. Saat kejadian suasana stasiun sedang lengang. Tercatat hanya dua unit kursi di ruang tunggu zone satu yang patah tertimpa runtuhan. (yan/bas)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya