alexametrics

Pemkot Pekalongan Siapkan Blueprint Penanganan Banjir

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan berupaya menangani banjir dengan blueprint drainase yang terencana. “Mengatasi banjir ini harus terukur tidak bersifat sporadis. Harus ada blueprint drainase yang terencana dan terukur,” ucap Wali Kota Pekalongan HA Afzan Arslan Djunaid Rabu (3/3/2021).

Lebih lanjut jelas Aaf panggilan akrabnya, saat ini sudah meminta kepada OPD terkait untuk menyelesaikan blueprint drainase. Agar program pembangunan maupun penanganan banjir ini tepat sasaran, juga disarankan memanggil konsultan berkompeten.

Sehingga tidak ada tumpang tindih. Seperti pembangunan di wilayah kelurahan A sudah diatasi namun berdampak di kelurahan B. Pembangunan harus terintegrasi. “Jika sudah ada blueprint maka pemerintah bisa melakukan perbaikan lebih tepat,” jelasnya.

Baca juga:  Curah Hujan Tinggi dan Rob Lumpuhkan Pekalongan Utara

Menurut Aaf, pengerjaan dalam mengatasi permasalahan banjir ini tidak boleh setengah-setengah. Mengingat program pembangunan ini bersifat multiyears dan berkelanjutan. Meski dalam penyesuaian anggaran daerah yang terbatas, program pembangunan dan penanganan banjir yang berjenjang harus segera dilakukan.

Selanjutnya, untuk penanganan banjir di Kota Pekalongan, ada 3 faktor pendukung. Yakni pembenahan sistem drainase yang ditangani secara baik. Normalisasi sungai dan pembangunan tanggul-tanggul serta sumur pompa yang perlu dilakukan secara sinergi dari pemerintah daerah hingga pusat. “Kami sudah berkoordinasi dengan Gubernur (Jateng) Ganjar,” ujarnya.

Sebab seperti normalisasi sungai menjadi kewenangan pemerintah provinsi. Untuk peninggian tanggul dan pembangunan sumur pompa akan digarap melalui anggaran dari pemerintah pusat. (han/lis)

Baca juga:  21 Titik Pompa Air di Pekalongan Tak Berfungsi Maksimal

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya