alexametrics

Curah Hujan Tinggi Diprediksi Sampai Maret

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Walaupun beberapa hari ini cuaca di Kota Pekalongan lumayan cerah serta banjir berangsur surut, masyarakat tetap diminta untuk waspada. Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), diperkirakan potensi curah hujan tinggi terjadi  hingga akhir Maret 2021.

Kalakhar Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Pekalongan melalui Kasi Pencegahan dan Kesiapsiagaan Dimas Arga Yudha menyatakan, kondisi cuaca belum menentu. Belakangan ini, cuaca tiba-tiba hujan dan kadang cerah. “Mudah-mudahan cuaca tidak menentu ini tidak menambah jumlah genangan air apabila hujan,” harap Dimas.

Selain potensi curah hujan, gelombang tinggi juga tetap masih terjadi di wilayah Pantai Utara Kota Pekalongan. Yang mana bisa mencapai 1,2 hingga 1,5 meter. Namun, dampaknya tidak begitu signifikan dan tidak menyebabkan limpasan air.

Baca juga:  Resmi Dilantik, Aaf: Sah, Jadi Wali Kota!

Dijelaskan pula, selama mengurus dampak banjir,  pihaknya melayani pengungsi dengan baik. Mulai dari aspek kesehatan, MCK, air bersih serta aspek logistik dan sebagainya. Selain itu, harus  melakukan penyemprotan desinfektan, pembersihan sarana MCK, penyedotan MCK dibantu Dinas Lingkungan Hidup (DLH).

Upaya lain dalam penanganan pasca bencana, BPBD juga berkolaborasi dengan perusahaan swasta dan masyarakat umum. Melalui CSR, untuk penyediaan alat kebersihan yang disalurkan langsung kepada warga-warga kurang mampu terdampak banjir. “Kami bersinergi dengan jajaran TNI dan Polri untuk kerja bakti pasca banjir untuk membersihkan lingkungan secara bersama-sama,” tandasnya. (han/ton)

 

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya