alexametrics

Kirim Dokumen Capil Kini Gratis

Artikel Lain

RADARSEMARANG.ID, Pekalongan – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dindukcapil) membuat inovasi dalam layanan dokumen kependudukan. Pengiriman dokumen sampai rumah digratiskan.

Kepala Dindukcapil Kota Pekalongan Suciono menjelaskan, untuk melayani pengantaran dokumen tersebut pihaknya kerjasama dengan PT Pos Indonesia. Sehingga ke depan, dokumen kependudukan yang sudah diterbitkan tetapi belum diambil akan diantarkan ke kelurahan maupun ke alamat yang bersangkutan. “Layanan ini bentuk inovasi yang kami lakukan dalam mewujudkan pelayanan masyarakat yang cepat, mudah, dan gratis,” ujarnya Selasa (16/2/2021).

Ditambahkan lagi, masyarakat tidak perlu khawatir, karena pengantaran dokumen kependudukan tersebut tidak dibebankan biaya alias gratis. Biaya ditanggung oleh Dindukcapil.

Baca juga:  12 Anggota Polres Positif Covid-19, 8 Pegawai Pemkot Pekalongan juga Kena

Suciono juga mengingatkan terkait dengan dokumen kependudukan masyarakat yang hilang/rusak/hanyut akibat banjir dan rob yang tengah melanda saat ini. Warga harus segera melapor ke kelurahan. Pihaknya juga sudah berkoordinasi dengan kelurahan terdampak agar bisa mencatat nama, NIK, dan nomor KK. Tidak perlu surat kehilangan seperti yang selama ini berjalan. “Untuk blangko, tersedia lebih dari cukup baik itu KTP, KK, akte, maupun dokumen kependudukan lain. Kami ambil dan cetak secepatnya, setelah itu akan kami antarkan kembali ke kelurahan, tanpa biaya,” tandasnya. (han/ton)

Artikel Terkait

Menarik

Terbaru

Populer

Artikel Menarik Lainnya